Kompas.com - 22/12/2016, 13:01 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - "Selalu ingin berguna," begitu sosok ibu di mata Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf. Sejak kecil hingga dewasa, Triawan mengaku jarang mendengar keluhan dari mulut sang ibu, Etty Munaf.

Sang ibu juga tak pernah memaksakan kehendak, utamanya menyangkut masa depan Triawan dan ketiga saudaranya. Pilihan Triawan sebagai seniman di era 70-an pun didukung tanpa keraguan.

"Ibu selalu bertanya kebutuhan kami apa. Dia akan dukung, walaupun nggak mampu secara fisik atau finansial pasti akan diusahakan," kata Triawan pada KompasTekno, Kamis (22/12/2016), bertepatan dengan Hari Ibu.

Tahun ini, Triawan tak bisa mengucapkan selamat Hari Ibu secara langsung kepada Etty. Ia cuma bisa menyampaikannya lewat doa, sebab sang ibu telah berpulang pada awal 2016 lalu.

Cinta tak bersyarat

Relasi Triawan dan ibunya terhitung unik. Ia mengaku tak punya momen spesial bersama perempuan yang melahirkannya ke muka bumi pada 28 November 1958 silam.

Dok. pribadi Triawan Munaf Kepala Bekraf, Triawan Munaf (paling kanan), ibunya Etty Munaf (duduk), kakak-kakak dan adiknya (berjejer di samping kanan)
Kehadiran sang ibu di kehidupan sehari-hari menurutnya sudah spesial.

Hanya saja, sosok ibu yang terlalu lembut terkadang diprotes Triawan dan kakak-adiknya.

"Mungkin kalau ibu kami lebih keras, kami sudah bisa melakukan banyak hal," kata dia sembari terkekeh.

Ini merupakan antitesa atas stereotipe yang berlaku umum. Biasanya ibu digambarkan sebagai sosok yang cerewet dan suka mengatur, meski tujuannya sama-sama baik.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.