Natal dan Tahun Baru, Trafik Data Tri Diprediksi Meningkat 70 Persen

Kompas.com - 23/12/2016, 08:51 WIB
SPG Hutchison Tri (3) Indonesia di pameran Indonesia Cellular Show 2016. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comSPG Hutchison Tri (3) Indonesia di pameran Indonesia Cellular Show 2016.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Operator seluler Tri menyatakan jaringannya siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama Natal dan malam pergantian tahun baru. Menurut prediksi Tri, lonjakan paling besar adalah lalu lintas data.

"Tren yang terjadi selama 4 tahun terakhir adalah peningkatan data khususnya pada penggunaan over the top (OTT) messaging dan sosial media," ujar Desmond Cheung, CTO Hutchison 3 Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (23/12/2016).

"Diperkirakan trafik OTT messaging dan sosial media akan meningkat hingga 70 persen (dibanding hari biasa)," imbuh Desmond.

Di hari biasa sendiri, di luar Hari Raya Natal dan Tahun Baru, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai sekitar 1.700-1800 terabyte (TB) per hari.

Tri telah mempersiapkan jaringan dan infrastruktur dan memastikan semua layanan dapat beroperasi dengan baik. Dengan itu, pelanggan Tri dapat tetap berkomunikasi dan akses internet menggunakan layanan 2G, 3G dan 4G, khususnya di kota-kota yang menjadi tujuan mudik dan wisata.  

Peningkatan kualitas jaringan juga telah dilakukan sepanjang jalur Pantura, jalur selatan, dan jalur penghubung lainnya.

Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik pada saat puncak malam pergantian tahun, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti mal, terminal dan pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api.

Untuk menunjang peningkatan lonjakan ini, Tri juga menempatkan mobile BTS di pusat pusat keramaian perayaan Natal dan malam pergantian tahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X