Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren Perkuat Jaringan Jelang Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 23/12/2016, 11:24 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Operator telekomunikasi Smartfren melakukan optimasi serta penambahan kapasitas jaringan guna menghadapi lonjakan traffic di momen Hari Raya Natal dan tahun baru.

Peningkatan kapasitas serta optimasi jaringan Smartfren telah dilakukan sejak 18 Desember 2016 lalu. Anak usaha Sinar Mas Group ini memilih meningkatkan jaringan di beberapa lokasi wisata yang diprediksi akan mengalami peningkatan traffic.

Adapun lokasi-lokasi yang dimaksud adalah kawasan Monas, Ancol, kebun binatang Ragunan, pusat-pusat perbelanjaan, kawasan Puncak Jawa Barat, Bogor, Kawasan Candi Borobudur, dan Candi Prambanan, serta Pantai Kuta di Bali.

Sementara itu Terminal Pulo Gadung, Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheni, dan Bandara Ngurah Rai juga mendapatkan perhatian khusus dari Smartfren.

"“Pada hari Raya Natal dan Tahun Baru, umumnya lonjakan komunikasi justru terjadi di lokasi tujuan wisata, seperti taman hiburan serta pusat perbelanjaan," kata Munir SP, VP Technology Relations & Special Project Smartfren, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (23/12/2016).

"Ditambah kebutuhan mengunggah foto ketika mengunjungi lokasi wisata dan kecenderungan masyarakat untuk mengucapkan Natal dan tahun baru menggunakan video call, ataupun melalui social messenger dan social media," imbuh Munir.

Selain melakukan optimasi jaringan, Smartfren juga melakukan langkah intensive network monitoring selama 24 jam penuh dan juga menyiagakan mobile BTS dan Task Force Team, yang akan langsung diturunkan jika terjadi kendala. Semua langkah ini diambil Smartfren, demi menunjukkan tindakan nyata dari komitmennya untuk terus memberikan kelancaran serta kemudahan komunikasi bagi masyarakat.

Pada hari raya Natal tahun 2015 lalu, traffic data Smartfren mengalami peningkatan hingga 12 persen dibandingkan dengan hari biasa. Sementara pada tahun baru 2016 Smartfren mengalami kenaikan sebesar 11 persen dibandingkan dengan traffic di hari biasa.

Untuk hari raya Natal dan Tahun Baru 2017 sendiri, Smartfren memprediksi akan ada peningkatan traffic antara 15 - 18 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com