Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal ZenFone 3 dengan Android "Nougat"

Kompas.com - 23/12/2016, 13:09 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Meski Zenfone 3 sudah diluncurkan Asus dalam sebuah acara di Bali pada September lalu, namun tak semua varian langsung tersedia di Indonesia. Model yang pertama dijual di pasar Tanah Air adalah ZenFone 3 ZE520KL, lalu disusul oleh seri ZenFone 3 Max, dan ZenFone 3 Laser.

Kini, pada Desember 2016, model papan tengah lain dari keluarga ZenFone 3 dengan nomor model ZE552KL telah resmi pula masuk Indonesia.

Baca: Daftar Harga Asus Zenfone 3 di Indonesia

Dari segi tampilan fisik, ZenFone 3 ZE552KL ibarat pinang dibelah dua dengan "adiknya", ZE550KL. Kedua ponsel mengusung desain yang sama, dengan lapisan kaca di depan dan belakang, berikut rancangan unibody yang terkesan kokoh.

Namun ada sejumlah perbedaan penting. Pertama adalah ukuran layar ZE552KL yang lebih besar, yakni 5,5 inci berbanding 5,2 inci pada ZE550KL.

Resolusi layar kedua ponsel tetap sama di angka 1.920 x 1.080 piksel (full-HD). Kualitas tampilannya sama-sama tinggi.

Perbedaan lain antara ZE552KL dan ZE550KL terletak di segi jeroan. Meski sama-sama mengandalkan prosesor octa-core Snapdragon 625, ZE552KL dibekali kapasitas RAM lebih besar, yakni 4 GB, berikut media penyimpanan internal 64 GB.

Sementara ZenFone 3 ZE550KL diketahui "hanya" memiliki kapasitas RAM dan media internal masing-masing sebesar 3 GB dan 32 GB.

Yang tak kalah penting, meski datang dengan OS Android 6.0 Marshmallow, ZE552KL bakal segera diperbarui dengan sistem operasi Android 7.0 "Nougat" terbaru pada awal tahun depan.

Asus kini tengah menguji Nougat di ZenFone 3 ZE552KL dan baru akan merilis update OS tersebut begitu telah benar-benar stabil.

Seperti apa nantinya sistem operasi terbaru itu saat berjalan di ZenFone 3? KompasTekno memperoleh unit sample ZE552KL dari Asus yang sudah dipasangi "Nougat" versi pre-release. Ikuti hasil penelusurannya lewat rangkaian foto di tautan berikut.

Baca: Review: Asus ZenFone 3, Kelas Baru, Desain Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com