Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turn Back Hoax Ajak "Netizen" Indonesia Laporkan Hoax

Kompas.com - 23/12/2016, 13:49 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

KOMPAS.com - Maraknya berita palsu alias hoax yang beredar di internet belakangan ini berpotensi menyesatkan banyak orang.

Untuk membantu netizen Indonesia dalam mengenali berita hoax, sejumlah pengembang aplikasi yang tergabung dalam komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia mengembangkan layanan bernama Turn Back Hoax.

Turn Back Hoax adalah aplikasi berbasis crowdsourcing yang dirancang untuk mengumpulkan berbagai informasi fitnah dan hoax yang beredar di internet.

Bentuknya berupa ekstensi yang bisa dipasang di peramban Chrome untuk desktop. Seusai memasang ekstensi dan melakukan login via Facebok, pengguna Turn Back Hoax bisa melaporkan konten yang dicurigai sebagai hoax.

Konten dimaksud bisa berupa halaman situs, pesan berantai, dan gambar, termasuk yang beredar di media sosial semacam Facebook. Pengguna dapat menerangkan alasan soal mengapa konten tersebut diduga mengandung hoax.

Baca: Dua Situs Penyebar Hoax di Indonesia

Laporan-laporan mengenai dugaan hoax itu akan dikumpulkan dan bisa dilihat di situs beralamat data.turnbackhoax.id. Pengguna bisa menanggapi dugaan hoax yang dilaporkan oleh orang lain melalui komentar.

Dengan mengumpulkan laporan hoax ke dalam sebuah basis data, Turn Back Hoax diharapkan mampu berperan sebagai rujukan untuk memverifikasi informasi yang beredar di internet.

“Sebagaimana layaknya sebuah aplikasi crowdsource, Turn Back Hoax mengandalkan partisipasi masyarakat guna melaporkan setiap berita fitnah dan hoax,” sebut Turn Back Hoax dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Jumat (23/12/2016).

Selain sebagai rujukan, basis data berita palsu yang dikumpulkan oleh Turn Back Hoax turut diharapkan bisa membantu proses analisis seperti mengetahui pola berita hoax, mengidentitikasi orang atau kelompok yang diserang serta media yang digunakan.

Di samping ekstensi Chrome, tim pengembang Turn Back Hoax sedang menyiapkan aplikasi mobile Android dan iOS yang bisa dipakai untuk melakukan pelaporan serupa.

Database berita hoax di laman data.turnbackhoax.id sendiri bisa diakses secara bebas menggunakan browser desktop atau mobile mana pun.

Tutorial cara memakai Turn Back Hoax untuk melaporkan berita palsu bisa dilihat di tautan berikut, atau melalui video di tautan ini.

Baca: Begini Cara Kenali Situs Web Hoax dan Penipu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com