Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Artikel Wikipedia yang Paling Sering Diedit pada 2016

Kompas.com - 25/12/2016, 19:21 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Daftar laman Wikipedia yang paling sering diedit tahun ini sudah diluncurkan. Vincent Van Gogh, Donald Trump, dan tokoh-tokoh yang meninggal dunia sepanjang 2016 masuk dalam daftar 20 besar.

Wikimedia Foundation, organisasi non-profit pengelola Wikipedia menyatakan laman-laman terkait pemilu Amerika Serikat juga masuk dalam daftar.

Daftar halaman Wikipedia yang paling banyak diedit sepanjang 2016 adalah daftar figur-figur terkenal yang meninggal sepanjang tahun 2016 Di dalam daftar itu terdapat nama-nama seperti David Bowie, Muhammad Ali, dan Fidel Castro.

Di Wikipedia, laman yang merangkum figur terkenal yang meninggal dunia itu diberi nama 'Deaths in 2016'. Secara total, halaman ini sudah 18.230 kali diedit sepanjang 2016. Menjadikannya laman yang paling banyak diedit di Wikipedia.

Sebelumnya, Wikipedia juga telah merilis daftar artikel yang paling banyak diedit sepanjang masa, yang diumumkan awal tahun 2016. Di daftar teratas adalah mantan Presiden AS, George W. Bush dengan total 45.862 pengeditan. Di posisi kedua diikuti halaman yang memuat daftar pegulat di ajang WWF, 'List of [World Wrestling Entertainment] personnel', yang diedit 42.836 kali.

Baca: YouTube Lebih Dipercaya ketimbang Wikipedia

"Kami juga menemukan fakta bahwa keinginan pengguna Wikipedia untuk memberikan informasi yang tak terbatas sekat waktu, membuat sejumlah topik yang muncul di luar tahun 2016, jadi sering diedit," ungkap seorang juru bicara Wikimedia Foundation, seperti dikutip KompasTekno dari BBC, Minggu (25/12/2016).

"Bailando 2015, sebuah pertunjukan dari Argentina di mana penari bersaing dalam acara televisi, masuk kembali dalam daftar 10 besar tahun ini," imbuhnya.

Penulis Dan Gillmor, yang merupakan rekan dari pendiri Wikipedia, Jimmy Wales menyatakan, "Banyak orang yang mau terlibat untuk mengedit laman Wikipedia, karena mereka merasakan adanya nilai komunitas dalam Wikipedia."

Dia menambahkan, meskipun situs tersebut berpotensi menyebarkan informasi yang salah, dia menilai orang sudah bisa melakukan cek fakta juga secara online.

Untuk melihat daftar halaman Wikipedia yang paling banyak diedit sepanjang 2016, kunjungi tautan berikut ini.

Baca: Wikipedia: Lorenzo Bukan Juara Dunia MotoGP 2015

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com