10 Fitur Baru WhatsApp yang Dirilis pada 2016

Kompas.com - 26/12/2016, 13:24 WIB
Aplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone istAplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Layanan pesan singkat WhatsApp merilis segudang fitur baru nan menarik sepanjang tahun 2016 ini. KompasTekno mencatat setidaknya ada 9 fitur baru dari layanan tersebut.

Salah satu fitur yang akhirnya dirilis oleh WhatsApp adalah kemampuan untuk membuat huruf dalam format miring (italic) dan (bold). Tidak hanya itu, hadir juga fitur untuk mencoret tulisan atau biasa disebut strike through.

Menjelang akhir tahun, WhatsApp kembali merilis fitur yang sudah lama dinanti. Fitur tersebut adalah video call. Melalui kemampuan yang satu ini, pengguna WhatsApp bisa saling berbincang tatap muka dari jarak jauh dengan memanfaatkan kamera smartphone.

Berikut 10 fitur baru WhatsApp yang dirilis sepanjang tahun 2016 ini.

1. Fitur Colek Teman

Ubergizmo WhatsApp bakal kedatangan fitur mention

WhatsApp mempunyai fitur mention atau "mencolek" teman di grup percakapan. Menggunakan fitur yang satu ini, pengguna yang tergabung dalam grup dijamin bakal menjadi lebih awas saat di-mention.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, fitur tersebut akan tetap memaksa sistem mengeluarkan bunyi notifikasi saat pengguna di-mention, meski grup percakapan itu sudah dibuat dalam dalam mode senyap (mute).

Sebelumnya, jika pengguna mute sebuah grup, sistem tidak akan mengeluarkan bunyi notifikasi apa pun. Sehingga pengguna seringkali tidak menyadari sedang diajak berbicara dalam sebuah grup WhatsApp.

Baca: Diperbarui, WhatsApp Punya Fitur Mention Teman

Fitur mention bisa dipakai dengan membubuhkan karakter "@" (tanpa tanda petik). Setelah mengetik simbol "@" di kolom percakapan, deretan nama kontak yang ada dalam grup akan dimunculkan.

Pengguna bisa mengetik nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp.

2. Reply

Jika ingin mengutip salah satu pesan di grup dan membalasnya, Anda harus menekan lama pesan tersebut. Antarmuka WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon untuk bertindak.

Salah satunya, yang terletak paling kiri, ada ikon bergambar panah. Anda cukup menekannya sekali, lalu WhatsApp akan otomatis mengutip pesan yang ingin Anda komentari.

Setelah menuliskan komentar, kirim pesan itu. Anggota grup akan paham bahwa Anda sedang membalas sebuah obrolan spesifik yang dilontarkan satu orang.

3. Kirim file

Pengguna WhatsApp sudah bisa berbagi dokumen. Sebelumnya WhatsApp telah dapat digunakan untuk berkirim foto, video, kontak, dan lokasi ke sesama pengguna.

Beberapa file yang didukung antara lain PDF, dokumen (.doc), spreadsheet (.xls), slideshow (.ppt), dan beberapa file lain.

Besaran dokumen dalam satu kali kirim adalah sebesar 100 MB.

4. Foto ditempel stiker

Recode Ilustrasi

Ini merupakan fitur pengedit foto dan video di aplikasi kamera WhatsApp. Pengguna WhatsApp di Android dan iOS yang memotret atau merekam video langsung dari aplikasi WhatsApp bisa menempelkan stiker, teks, menambah coreatn, dan crop foto sebelum dikirimkan.

Baca: Foto dari Kamera WhatsApp Bisa Ditempeli Stiker

5. Enkripsi

Layanan pesan instan WhatsApp semakin kuat untuk urusan enkripsi di tahun 2016. Perusahaan yang dimiliki oleh Facebook itu mengumumkan bahwa semua jenis pesan yang dikirim melalui jaringannya kini telah anti-sadap.

Itu artinya, hanya pengirim dan penerima saja yang bisa membaca isi dari pesan tersebut. Pembicaraan super-rahasia sekalipun kini aman dilakukan di WhatsApp.

Pihak di luar pengirim dan penerima, bahkan karyawan WhatsApp sendiri, dijamin tidak akan bisa melihat isi pesan yang dikirimkan melalui jaringan WhatsApp.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.