September 2017, Firefox Stop Dukung Windows XP dan Vista

Kompas.com - 27/12/2016, 10:16 WIB
Logo Mozilla Firefox MozillaLogo Mozilla Firefox
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Peramban (browser) Firefox bersiap menghentikan dukungan kepada dua sistem operasi Windows lawas, yakni XP dan Vista. Rencananya, penghentian dukungan itu akan berlaku mulai akhir September 2017.

Pengumuman tersebut dimuat dalam postingan di blog resmi Mozilla, seperti dikutip KompasTekno, Selasa (27/12/2016).

"Kami sangat menganjurkan pengguna untuk meng-upgrade versi Windows yang masih didukung Microsoft," tulis Mozilla.

Baca: Mozilla Nyatakan Putus Hubungan dengan Google

Penghentian dukungan artinya, browser tersebut masih tetap bisa dipakai di Windows XP dan Vista. Akan tetapi, Mozilla selaku pembuat Firefox tidak akan merilis update software di kedua platform sistem operasi Windows itu.

Hal ini bisa berbahaya apabila ditemukan lubang keamanan dalam browser tersebut. Mozilla tidak akan lagi menutup lubang keamanan tersebut dengan update, sehingga pengguna rawan diserang oleh hacker atau malware.

Untuk itu, Mozilla akan merilis Firefox versi Extended Support Release pada Maret 2017 nanti. Pengguna di kedua sistem operasi tadi akan otomatis dipindahkan ke varian ini yang akan membatasi update fitur.

Baca: Google Bikin Chrome Makin Ngebut di Windows

Langkah Firefox ini menyusul keputusan yang sama yang telah diambil oleh Google Chrome sebelumnya. Google diketahui telah menghentikan dukungan untuk browser Chrome di XP, Vista, Mac OS X 10.6, 10.7 dan 10.8 sejak April 2016 lalu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X