Redmi Meledak, Xiaomi Berusaha Bungkam Korban?

Kompas.com - 28/12/2016, 11:10 WIB
Xiaomi Redmi Note 3 dibekali dengan layar IPS berukuran 5,5 inci Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comXiaomi Redmi Note 3 dibekali dengan layar IPS berukuran 5,5 inci
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Kasus smartphone meledak agaknya bukan cuma milik Samsung. Beberapa bulan lalu, iPhone 6 Plus buatan Apple juga dilaporkan meledak di Amerika Serikat.

Kini giliran Xiaomi yang tertimpa nasib naas. Seorang pengguna seri Redmi di China melaporkan ponselnya tiba-tiba meledak saat baterainya diisi ulang.

Kejadian itu sebenarnya sudah berlangsung beberapa hari lalu, yakni pada 21 Desember 2016. Namun media massa baru mengendusnya sekarang karena Xiaomi dikatakan berusaha membungkam korban.

Sang korban diminta menandatangani kesepakatan untuk merahasiakan insiden itu alias confidentiality agreement, sebagaimana dilaporkan Gizmochina dan dihimpun KompasTekno, Rabu (28/12/2016).

Baca: Samsung Sudah Tahu Penyebab Terbakarnya Galaxy Note 7

Sebagai gantinya, Xiaomi mengganti duit pembelian korban dan menambahkan tunai sebesar 600 yuan alias Rp 1,1 jutaan. Sang korban pun menandatanganinya dengan konsekuensi ia tak boleh melapor ke media massa atau curhat ke media sosial.

Sebab, menurut kesaksiannya, Xiaomi tak mau memberi kompensasi sama sekali jika ia tak menandatangani confidentiality agreement yang diajukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa pengacara kemudian menyebut bahwa perjanjian itu tak absah karena klausulanya lemah dan tak tepat. Sang korban pun akhirnya sesumbar hingga sampai ke telinga media massa dan kini diberitakan.

Sejarah ponsel Redmi milik korban

Ponsel yang meledak itu merupakan hadiah ulang tahun dari seorang ibu untuk anak perempuanya yang tak lain adalah korban. Diterima pada 1 Maret 2016, umur ponsel bisa dibilang tak panjang, yakni cuma sekitar 9 bulan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Gizmochina

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.