Kekayaan Microsoft Bisa Capai Rp 13.429 Triliun, Ungguli Apple

Kompas.com - 28/12/2016, 17:03 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Nilai kapitalisasi pasar Microsoft diramalkan bakal naik hingga 1 triliun dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 13.429 triliun. Bila berhasil mencapai angka tersebut, Microsoft bisa melampaui bahkan mengalahkan Apple.

Ramalan tersebut diungkap oleh seorang analis keuangan dari Equities, yakni Michael Markowski.

Namun untuk mencapai nilai tersebut, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (28/12/2016), Microsoft perlu waktu hingga 2020 dan kinerja perusahaan yang mulus.

Saat ini, kapitalisasi pasar Microsoft masih berada di posisi ketiga terbesar di dunia, dengan nilai sebesar 492 miliar dollar AS atau setara Rp 6.607 triliun.

Sementara itu, posisi kedua ditempati Alphabet dengan nilai 548 miliar dollar AS atau setara Rp 7.359 triliun, dan Apple di posisi pertama dengan nilai 617 miliar dollar AS atau setara Rp 8.285 triliun.

Baca: Pernah Disebut Kanker, Linux Akhirnya Didukung Microsoft

Menurut Markowski, Microsoft punya kesempatan cukup baik untuk melangkah hingga mendapatkan kapitalisasi pasar lebih besar ketimbang nilai Apple tersebut, bahkan bisa mengalahkannya.

Alasannya adalah bisnis software yang digeluti Microsoft cenderung lebih terukur dan bisa menjangkau lebih banyak orang, dibandingkan bisnis gadget sebagaimana yang dilakoni Apple.

Analis itu juga mengatakan bahwa akuisisi LinkedIn belakangan ini turut mendongkrak valuasi Microsoft.

Di sisi lain, perusahaan pencipta Windows itu hanya membayar 60 dollar AS atau setara Rp 805.000 per kepala pengguna LinkedIn. Padahal, pengguna tersebut rata-rata merupakan para profesional dengan gaji lebih mahal dibandingkan pengguna media sosial pada umumnya sehingga punya potensi menghasilkan keuntungan lebih besar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.