Stop Kebiasaan Menghemat Baterai "Smartphone" seperti Ini

Kompas.com - 29/12/2016, 08:10 WIB
Aksesoris yang disertakan dalam paket penjualan Redmi 2 Prime terbilang minim. Di samping baterai, hanya ada unit charger dan kabel micro-USB. Oik Yusuf/ Kompas.comAksesoris yang disertakan dalam paket penjualan Redmi 2 Prime terbilang minim. Di samping baterai, hanya ada unit charger dan kabel micro-USB.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Kebanyakan pengguna Android selama ini berpikir, membersihkan recent apps dapat membantu menghemat baterai smartphone. Jika Anda melakukan hal yang sama, sebaiknya segera stop kebiasaan seperti itu. Mengapa?

Recent apps merupakan daftar aplikasi yang telah atau sedang dipakai. Fitur ini bisa diakses melalui tombol menu di smartphone Android.

Sebagian besar pengguna Android beranggapan bahwa aplikasi yang masuk ke daftar tersebut terus bekerja dan menguras baterai.  

Padahal sebenarnya, aplikasi di recent apps berada dalam kondisi berhenti dan disimpan dalam memori (cache) ponsel. Tujuannya agar aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya itu bisa dimuat lebih cepat saat dibuka kembali.

Oleh karena itu, menghapus recent apps di ponsel Android justru akan membuat baterai ponsel bekerja lebih keras dan cepat habis. Sebab, sistem akan membuka ulang aplikasi dari awal dan membutuhkan lebih banyak tenaga ketimbang menyalakan ulang atau mengakses memori yang disimpan.

Baca: Mengapa Baterai Lithium Meledak?

Dua cara menghemat baterai

Jika ingin menghemat baterai Android, sebaiknya tidak menggunakan metode menghapus recent apps seperti di atas. Ada dua cara yang bisa dilakukan pemilik ponsel Android, yaitu mengurangi notifikasi dan membatasi pemakaian data.

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Kamis (29/12/2016), dua cara ini cenderung lebih efektif untuk mengurangi konsumsi daya baterai.

Untuk mengurangi notifikasi, non-aktifkan aplikasi-aplikasi yang sering mengirimkan notifikasi. Aplikasi tertentu, seperti media sosial, biasanya memberikan pilihan untuk mengatur agar notifikasi dikirimkan dalam interval waktu lebih lama.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNET
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X