Kompas.com - 29/12/2016, 10:13 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Twitter merilis fitur streaming atau aliran video berteknologi 360 derajat. Akan tetapi, untuk sementara ini baru pengguna terpilih saja yang bisa menikmati fitur tersebut.

“Mulai hari ini Anda bisa melihat video interaktif 360 derajat dari penyiar tertentu dan mengetahui lebih banyak mengenai berbagai hal yang sedang terjadi,” ujar Director of AR and VR Twitter, Alessandro Sabatelli.

Baca: Facebook Mulai Siarkan Langsung Video 360 Derajat

Meski baru segelintir orang saja yang bisa streaming 360 derajat, semua pengguna Twitter dan Periscope diizinkan untuk menonton video tersebut di linimasa masing-masing aplikasi. Twitter sendiri berjanji, seluruh pengguna sudah bisa menyiarkan konten 360 derajat dalam beberapa minggu ke depan.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Blog Twitter, Kamis (28/12/2016), setiap video siaran langsung 360 derajat memiliki penanda khusus berupa ikon Live 360.

Ketika menyaksikannya, pengguna bisa mengubah sudut pandang ke berbagai arah dengan cara mengubah posisi ponsel atau mengusap layar. Bila menggunakan laptop, pengguna bisa mengklik dan geser layar untuk mengubah sudut pandang.

Sekadar diketahui, video siaran langsung 360 derajat merupakan komoditas baru bagi media sosial. Sebelum Twitter merilis fitur ini, Facebook sudah lebih dulu melakukan uji coba siaran 360 derajat serupa.

Tapi sejauh ini, Facebook baru sekadar menguji saja dan baru merencanakan peluncurannya pada beberapa bulan mendatang.

Baca: Review: Samsung Gear 360, Perekam 360 Derajat Seharga Rp 4 Juta

Di bawah ini contoh siaran 360 derajat yang ada di Twitter:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.