Laporkan "Hoax" di Internet dengan Aplikasi Ini

Kompas.com - 30/12/2016, 14:05 WIB
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

KOMPAS.com - Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menambahkan fitur pelaporan berita bohong atau hoax di aplikasinya untuk platform Android dan iOS. Masyarakat kini bisa mulai menggunakannya.

Langkah Mastel menambah fitur pelaporan hoax ini demi mendukung gerakan Turn Back Hoax. Mastel sebagai bagian dari elemen masyarakat mengangkat mekanisme crowdsourcing (urun daya) pelaporan berita fitnah dan hoax yang sudah dikembangkan oleh aktivis Turn Back Hoax.

 Laporan tersebut akan langsung disampaikan Mastel kepada otoritas di Kementerian Kominfo RI dan Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif, sehingga nantinya bisa menjadi Basis pelaporan berita hoax dan ditindaklanjuti oleh pemerintah selaku regulator.

Baca: Turn Back Hoax Ajak Netizen Indonesia Laporkan Hoax

Sebagaimana layaknya crowdsource, fitur Laporkan Hoax di aplikasi Mastel mengandalkan partisipasi masyarakat guna melaporkan setiap berita fitnah dan hoax agar tidak tersebar luas.

"Ayo kita dukung gerakan Turn Back Hoax, marilah bersama sama kita berantas berita fitnah dan hoax secara sistematis dan berkesinambungan untuk mewujudkan Masyarakat yang lebih beradab," demikian pesan Mastel dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompastekno, Jumat (30/12/2016).

Aplikasi Mastel untuk Android bisa diunduh di Google Play Store melalui tautan berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk platform iOS, pengguna bisa mengunduhnya di App Store melalui tautan berikut ini.

Baca: Pemerintah Bisa Lacak Penyebar Hoax di WhatsApp

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.