Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporkan "Hoax" di Internet dengan Aplikasi Ini

Kompas.com - 30/12/2016, 14:05 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menambahkan fitur pelaporan berita bohong atau hoax di aplikasinya untuk platform Android dan iOS. Masyarakat kini bisa mulai menggunakannya.

Langkah Mastel menambah fitur pelaporan hoax ini demi mendukung gerakan Turn Back Hoax. Mastel sebagai bagian dari elemen masyarakat mengangkat mekanisme crowdsourcing (urun daya) pelaporan berita fitnah dan hoax yang sudah dikembangkan oleh aktivis Turn Back Hoax.

 Laporan tersebut akan langsung disampaikan Mastel kepada otoritas di Kementerian Kominfo RI dan Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif, sehingga nantinya bisa menjadi Basis pelaporan berita hoax dan ditindaklanjuti oleh pemerintah selaku regulator.

Baca: Turn Back Hoax Ajak Netizen Indonesia Laporkan Hoax

Sebagaimana layaknya crowdsource, fitur Laporkan Hoax di aplikasi Mastel mengandalkan partisipasi masyarakat guna melaporkan setiap berita fitnah dan hoax agar tidak tersebar luas.

"Ayo kita dukung gerakan Turn Back Hoax, marilah bersama sama kita berantas berita fitnah dan hoax secara sistematis dan berkesinambungan untuk mewujudkan Masyarakat yang lebih beradab," demikian pesan Mastel dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompastekno, Jumat (30/12/2016).

Aplikasi Mastel untuk Android bisa diunduh di Google Play Store melalui tautan berikut ini.

Sementara untuk platform iOS, pengguna bisa mengunduhnya di App Store melalui tautan berikut ini.

Baca: Pemerintah Bisa Lacak Penyebar Hoax di WhatsApp

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com