Kompas.com - 03/01/2017, 07:00 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple dikabarkan sedang menyiapkan pembaruan sistem operasi iOS 10.3.1. Di dalamnya terdapat fitur baru yang disebut sebagai Theater Mode atau mode bioskop.

Informasi mengenai mode baru tersebut dibocorkan oleh Sonny Dickson. Pria ini memiliki reputasi pernah membocorkan keberadaan iPhone 5c dan menyebarkan foto unit dummy ponsel tersebut.

Soal pembaruan iOS 10.3.1, menurut Dickson, Apple akan merilisnya dalam versi beta pada 10 Januari 2017.

Dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (3/1/2017), mode bioskop tersebut bakal ditandai dengan ikon berbentuk popcorn yang diletakkan di panel Control Center.

Baca: Jalan Panjang Apple Jual iPhone di Indonesia

Lalu apa gunanya mode bioskop ini? Mode tersebut ternyata bukan dirancang sebagai alat untuk mengoptimalkan pengalaman menonton di layar iPhone atau iPad.

Mode bioskop tersebut justru berguna saat pengguna gadget buatan Apple berada dalam bioskop. Tujuannya agar pengguna tidak terganggu gadget dan lebih nikmat dalam menonton.

Menurut Dickson, pengguna cukup menyalakan mode bioskop agar perangkat genggam iOS otomatis memblokir segala pesan masuk serta notifikasi, panggilan masuk, dan meredupkan layar.

Saat ini ada dua kemungkinan cara mengaktifkan aplikasi mode bioskop. Pertama, pengguna mengaktifkannya secara manual saat masuk ke dalam bioskop. Kedua, cara yang lebih menarik, yakni mengaktifkannya secara otomatis saat GPS mendeteksi lokasi pengguna.

Kemungkinan deteksi otomatis ini bukan sesuatu yang muluk. Pasalnya pada 2012 silam, Apple sudah mengantongi paten untuk menerapkan metode pengaturan ponsel berbasis lokasi. Artinya, pengaturan tertentu bisa otomatis terjadi saat GPS mendeteksi pengguna berada di lokasi tertentu.

Namun lebih detilnya, pengguna masih harus menunggu. Apple sendiri belum bicara banyak soal fitur baru untuk iOS 10.3.1. Bocoran informasi dari Dickson masih punya peluang untuk meleset.

Sementara waktu ini, pengguna perangkat genggam Apple bisa menikmati iOS 10.2 yang baru dirilis pada awal Desember 2016 lalu. Salah satu fitur baru di dalam iOS 10.2 antara lain tambahan emoji, efek teks di iMessages, dan fitur Emergency SOS.

Baca: Tak Ada iPhone 8 untuk Tahun Depan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.