Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Siapkan iOS Baru dengan Mode Bioskop?

Kompas.com - 03/01/2017, 07:00 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple dikabarkan sedang menyiapkan pembaruan sistem operasi iOS 10.3.1. Di dalamnya terdapat fitur baru yang disebut sebagai Theater Mode atau mode bioskop.

Informasi mengenai mode baru tersebut dibocorkan oleh Sonny Dickson. Pria ini memiliki reputasi pernah membocorkan keberadaan iPhone 5c dan menyebarkan foto unit dummy ponsel tersebut.

Soal pembaruan iOS 10.3.1, menurut Dickson, Apple akan merilisnya dalam versi beta pada 10 Januari 2017.

Dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (3/1/2017), mode bioskop tersebut bakal ditandai dengan ikon berbentuk popcorn yang diletakkan di panel Control Center.

Baca: Jalan Panjang Apple Jual iPhone di Indonesia

Lalu apa gunanya mode bioskop ini? Mode tersebut ternyata bukan dirancang sebagai alat untuk mengoptimalkan pengalaman menonton di layar iPhone atau iPad.

Mode bioskop tersebut justru berguna saat pengguna gadget buatan Apple berada dalam bioskop. Tujuannya agar pengguna tidak terganggu gadget dan lebih nikmat dalam menonton.

Menurut Dickson, pengguna cukup menyalakan mode bioskop agar perangkat genggam iOS otomatis memblokir segala pesan masuk serta notifikasi, panggilan masuk, dan meredupkan layar.

Saat ini ada dua kemungkinan cara mengaktifkan aplikasi mode bioskop. Pertama, pengguna mengaktifkannya secara manual saat masuk ke dalam bioskop. Kedua, cara yang lebih menarik, yakni mengaktifkannya secara otomatis saat GPS mendeteksi lokasi pengguna.

Kemungkinan deteksi otomatis ini bukan sesuatu yang muluk. Pasalnya pada 2012 silam, Apple sudah mengantongi paten untuk menerapkan metode pengaturan ponsel berbasis lokasi. Artinya, pengaturan tertentu bisa otomatis terjadi saat GPS mendeteksi pengguna berada di lokasi tertentu.

Namun lebih detilnya, pengguna masih harus menunggu. Apple sendiri belum bicara banyak soal fitur baru untuk iOS 10.3.1. Bocoran informasi dari Dickson masih punya peluang untuk meleset.

Sementara waktu ini, pengguna perangkat genggam Apple bisa menikmati iOS 10.2 yang baru dirilis pada awal Desember 2016 lalu. Salah satu fitur baru di dalam iOS 10.2 antara lain tambahan emoji, efek teks di iMessages, dan fitur Emergency SOS.

Baca: Tak Ada iPhone 8 untuk Tahun Depan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com