Jangan Kaget, iPhone dan Android Lawas Tak Bisa Pakai WhatsApp Lagi

Kompas.com - 03/01/2017, 09:19 WIB
Aplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone istAplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Tahun berganti, WhatsApp pun membuktikan ucapannya. Pada awal 2017, layanan pesan singkat itu mulai menghentikan dukungannya untuk beberapa sistem operasi lawas.

Jadi pengguna perangkat berbasis iOS 6 atau versi di bawahnya jangan kaget jika tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp.

Selain itu, ponsel berbasis Android 2.1, Android 2.2, dan Windows Phone 7 juga harus mencari alternatif baru pengganti layanan pesan singkat milik Facebook tersebut.

Meski begitu, sebagian besar pengguna tentunya tidak perlu khawatir akan penghentian dukungan ini. Pasalnya, keputusan tersebut hanya berlaku untuk perangkat yang sudah lawas atau bisa dikatakan kuno.

Sebagai contoh, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Selasa (3/1/2017), perangkat iOS terakhir yang masih menggunakan versi 6 adalah iPhone 3GS.

iPhone 3GS sendiri dirilis pada tahun 2009 dan sudah lama dihentikan produksinya. Kebanyakan penggunanya pun sudah beralih ke iPhone yang lebih baru.

Selain iPhone 3GS, perangkat yang masih menggunakan Android versi 2.1/2.2 (Eclair) juga terdampak. Salah satu perangkat yang masih menggunakan Eclair adalah smartphone bikinan Motorola, yaitu Droid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengecek apakah smartphone Android masih menggunakan Eclair, silakan masuk ke menu Setting dan About Phone.

"Jika Anda menggunakan perangkat mobile yang terdampak itu, kami merekomendasikan untuk memperbarui ke Android, iPhone, atau Windows Phone yang lebih baru," tulis pihak WhatsApp dalam blog resminya beberapa waktu lalu.

Baca: Pemerintah Bisa Lacak Penyebar Hoax di WhatsApp

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X