Prosesor Snapdragon 835 Resmi Meluncur, Berikut Kemampuannya

Kompas.com - 04/01/2017, 09:20 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Lama dinanti, chip mobile terbaru Qualcomm, Snapdragon 835, akhirnya diluncurkan secara resmi dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat, awal pekan ini.

Snapdragon 835 merupakan prosesor mobile kelas atas terbaru dari pabrikan tersebut yang bakal tertanam di aneka smartphone high-end pada 2017.

Sebagai penerus chip Snapdragon 820 sebelumnya, Snapdragon 835 digadang-gadang bakal mendorong adopsi teknologi virtual reality (VR) di mobile melalui pengolah grafis terintegrasi (GPU) Adreno 540 yang mendukung OpenGL ES 3.2, Open CL 2.0, Vulkan, dan Direct X 12.

Kemampuan rendering 3D chip ini diklaim lebih kencang dibanding Snapdragon 820, dengan jumlah warna 60 kali lebih banyak. Ada juga teknologi suara “true to life” yang khusus ditujukan untuk aplikasi VR.

Selain smartphone, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (4/1/2017), Qualcomm mengemukakan bahwa Snapdragon 835 kemungkinan bakal turut dipakai di headset VR.

Baca: Snapdragon 835 Dirilis, Diklaim Hemat Baterai Ponsel 40 Persen

Soal konsumsi listrik, Snapdragon 835 yang berbasis teknologi fabrikasi 10nm pertama dari Qualcomm disebut hanya mengonsumsi daya setengah dari Snapdragon 801, chip high-end keluaran 2014.

Kemampuan lain yang turut ditanam di Snapdragon 835 termasuk teknologi Quick Charge 4.0 yang sepenuhnya mendukung konektor USB type-C. Quick Charge 4.0 diklaim lebih cepat 20 persen dibanding Quick Charge 3.0 dalam hal mengisi baterai.

Di luar chip seri “A” yang dipakai di iPhone, prosesor Qualcomm praktis mendominasi ranah gadget mobile dan dipakai oleh sebagian besar pabrikan ponsel. Snapdragon 835 diharapkan bisa melanjutkan tren tersebut sekaligus memperlebar cakupan ke perangkat non-smartphone seperti headset VR tadi.

Baca: Pakai Snapdragon 835, Ponsel Bisa Tahan 5 Hari?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.