Kompas.com - 04/01/2017, 17:45 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - LG G6 disebut-sebut bakal lebih murah ketimbang pendahulunya, G5. Pasalnya, biaya produksi untuk flagship anyar itu akan dipotong lebih dari 20 persen.

Setidaknya begitu menurut analis KB Securities, Kim Dong-won. Ia mengatakan, LG telah belajar dari pengalaman merugi sepanjang tahun lalu.

"LG Mobile Communication akan mengubah haluan secara signifikan (di tahun 2017)," kata dia, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (4/1/2017). 

Sebagai gambaran, LG G5 SE, edisi khusus Indonesia, dijual dengan harga Rp 8 juta. Jika kabar itu benar, maka LG G6 bisa saja lebih murah dari itu.

Salah satu yang membuat biaya produksi G6 lebih efisien adalah pemangkasan desain modular yang sebelumnya menjadi ciri khas G5. Desain tersebut digodok dengan biaya mahal dan ternyata banyak menerima kritik.

Baca: LG G6 Tak Dukung Aksesori Lepas-Pasang?

Tahun 2016 memang bukan tahun yang memuaskan bagi LG. Pabrikan Korea Selatan itu berupaya menciptakan flagship G5 dengan fitur unggul dan desain yang unik, tetapi tak laku di pasaran.

LG mulanya menargetkan penjualan G5 sebanyak 12 juta unit selama setahun, tetapi nyatanya cuma terjual sekitar 5,5 juta unit. Pemasukan yang diterima tak mampu menutupi biaya pemasaran dan pengembangan yang digelontorkan.

Alhasil, divisi mobile LG merugi hingga ratusan juta dollar AS dalam beberapa kuartal. Namun, jika benar G6 bakal dipatok lebih murah, akankah penjualannya lebih baik ketimbang G5? Tak ada yang bisa memastikan.

Baca: G5 SE Gagal di Pasar, LG Andalkan V20 di Segmen Premium

Bocoran spesifikasi G6 sudah mulai berseliweran di ranah maya. Beberapa di antaranya meliputi layar Quad HD 5,3 inci, prosesor Snapdragon 835 teranyar, punggung berbalut kaca, dan port USB-C.

Flagship tersebut digadang-gadang meluncur pada Maret mendatang. Benar atau tidak semua bocoran yang mengemuka bisa dikonfirmasi ketika ponsel dirilis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.