Kompas.com - 04/01/2017, 20:13 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Qualcomm resmi merilis chipset terbarunya, Snapdragon 835, di ajang Consumer Electronics Show 2017 di Las Vegas, AS. Prosesor ini mengusung sejumlah teknologi baru yang diyakini bakal membuat smartphone, terutama berbasis Android, semakin menggoda karena kecanggihannya.

Chipset Snapdragon kebanyakan dipakai di smartphone berbasis Android. Sementara itu, iPhone menggunakan chipet seri "A" yang dikembangkan oleh Apple. Sedangkan ponsel Windows Phone jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

Snapdragon 835 sendiri dibuat dengan teknologi pemrosesan 10 nanometer, membuatnya mampu menampung lebih banyak transistor dan juga tenaga yang lebih besar. Seri Snapdragon sebelumnya, 821, dibuat dengan teknologi pemrosesan 14 nanometer.

Selain peningkatan tenaga, Qualcomm juga menyematkan berbagai fitur hal lain. Setidaknya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mashable, Rabu (4/1/2017), ada tujuh teknologi baru yang bisa diaplikasikan di ponsel berbasis Android berkat Snapdragon 835.

Baca: Prosesor Snapdragon 835 Resmi Meluncur, Berikut Kemampuannya

Berikut ini, 7 teknologi yang dimaksud:

1. Virtual reality di ponsel

Qualcomm Snapdragon 835 merupakan chipset yang secara default sudah mendukung teknologi virtual reality (VR). Perusahaan asal AS itu menyebutkan bahwa chipset ini punya kemampuan pengolahan grafis 25 persen lebih tinggi sehingga bisa mempermudah penyajian konten VR melalui ponsel.

Artinya, ponsel yang menggunakan chipset ini bakal bisa menyajikan konten VR dengan mulus dan lebih nyaman untuk dilihat pengguna. Sedangkan dari sisi produsen, kemampuan tersebut membuka peluang untuk memadukan perangkatnya dengan teknologi lain, seperti sistem pemindai mata, kepala, dan gerak tubuh.

Selain itu, Snapdragon 835 dirancang siap digunakan untuk mengakses Daydream, yakni platform VR buatan Google.

2. Kamera ponsel yang lebih bagus

Qualcomm Snapdragon 835 diklaim bisa membuat kinerja kamera ponsel jadi lebih bagus. Pasalnya, chipset ini mampu membuat autofocus di kamera ponsel bekerja lebih cepat.

Kemudian ada juga fitur electronic image stabilization 3.0 yang bisa membantu meredam guncangan tangan saat pengguna memotret.

Halaman:
Sumber Mashable



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.