ZTE Buka Proyek Patungan "Smartphone" yang Bisa Menempel di Kaca

Kompas.com - 05/01/2017, 18:35 WIB
Purwarupa ZTE Hawkeye yang ditawarkan melalui situs Kickstarter ZTEPurwarupa ZTE Hawkeye yang ditawarkan melalui situs Kickstarter
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sebuah produsen smartphone biasanya meriset dan mendesain sendiri seluruh produknya. Namun, ZTE berusaha tampil beda dengan meminta masukan dari pengguna soal fitur apa saja yang ingin dihadirkan di perangkat terbarunya.

Perusahaan asal China itu sudah berhasil mengumpulkan ide-ide fitur tersebut. ZTE pun memilih satu ide terbaik dan bersiap untuk memproduksinya. Perangkat dengan fitur pilihan itu dinamakan Hawkeye. 

Cara pemasaran Hawkeye pun bisa dikatakan cukup unik. ZTE menjual Hawkeye sebuah proyek patungan di situs penggalangan dana Kickstarter. Selain sebagai urunan dana, proyek ini juga berlaku sebagai layanan pre-order dari ponsel Hawkeye tersebut.

ZTE sendiri berharap bisa mencapai target urunan dana sebesar 500.000 dollar AS (sekitar Rp 6,6 miliar) untuk proyek tersebut. Jika target tercapai, ZTE berjanji akan memproduksi dan mengirimkan ponsel itu pada pembeli pada sekitar September 2017 mendatang.

Jika target tidak tercapai, Hawkeye tidak akan diproduksi dan dilepas ke pasaran.

Baca: Dapat Rp 440 Juta di Kickstarter, Developer Game Menghilang

Lalu fitur apakah yang hadir di ZTE Hawkeye?

Ada beberapa fitur pilihan pengguna yang bakal diwujudkan dalam ZTE Hawkeye. Pertama adalah sebuah casing yang memiliki perekat di bagian belakangnya.

Perekat di casing ini membuat ponsel bisa ditempel ke papan tulis atau cermin, misalnya. Salah satu contoh penggunaannya, Hawkeye bisa direkatkan di cermin kamar mandi, kemudian dipakai untuk menonton video.

Selanjutnya, ada juga fitur berupa pemindai gerakan mata yang berguna sebagai alat navigasi ponsel. Misalnya, saat membuka sebuah konten situs, pengguna cukup menggerakan mata ke atas bawah untuk menggulirkan halaman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X