Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandisk Luncurkan USB Flashdisk Seharga Rp 2,4 Juta

Kompas.com - 06/01/2017, 12:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Sandisk tak ketinggalan memperkenalkan produk baru di awal 2017. Pabrikan yang kini bernaung di bawah Western Digital ini meresmikan Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive.

Flashdisk yang bersangkutan diklaim terkencang dengan kecepatan baca hingga 420 megabyte per detk (MBps) dan kecepatan tulis hingga 380 MBps.

Dengan kecepatan setinggi itu, Sandisk mengklaim Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive bisa digunakan mentransfer film 4K berdurasi penuh dalam waktu kurang dari 15 detik.

Sandisk berencana mulai menjual Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive bulan ini dengan banderol 180 dollar AS (Rp 2,4 juta) untuk versi 256 GB. Ada juga varian 128 GB yang dihargai 80 dollar AS  (Rp 1,1 juta).

Interface USB 3.1 sendiri memiliki kecepatan teoritis maksimum sebesar 10 gigabit per detik (Gbps) atau 1,25 gigabyte per detik (GBps).

Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive menyasar pengguna dari kalagna profesional kereatif, penyuka teknologi, dan siapapun yang sering memindah-mindahkan file berukuran besar.

“Gabungan performa SSD (solid state drive) dan faktor bentuk USB yang ringkas memberikan kinerja dan kenyamanan maksimal untuk memindahkan file secara mudah dan cepat,” sebut Vice President Western Digital Client Solution Business, Sven Rathjen, dalam sebuah pernyataan.

Seperti dirangkum KompasTekno dari ComputerWorld, Jumat (6/1/2016), Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive turut memiliki bodi aluminium dengan konektor USB retractable.

Perlu ditambahkan bahwa klaim “terkencang” di sini agaknya hanya berlaku untuk flashdisk besutan Sandisk saja. Sebelumnya, pada 2014 lalu, pabrikan Corsair pernah merilis flashdisk bernama Flash Voyager GTX dengan kecepatan serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com