Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJI Dikabarkan Akuisisi Perusahaan Kamera Hasselblad

Kompas.com - 06/01/2017, 14:49 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan produsen drone atau pesawat tanpa awak DJI dikabarkan telah mengakuisisi perusahaan kamera legendaris Hasselblad. Akuisisi itu dilakukan dengan cara membeli saham mayoritasnya.

Informasi yang diperoleh dari berbagai sumber dalam industri menyebutkan bahwa akuisisi tersebut memang sudah terjadi, namun belum diungkap ke publik.

Dilansir KompasTekno dari Luminous Landscape, Jumat (6/1/2017), akuisisi ini bermula dari rencana produksi X1D dan kerja sama antara DJI dengan Hasselblad yang terjadi pada 2015 silam.

Saat itu, Hasselblad berjanji memproduksi kamera mirrorless medium-format X1D yang dipesan banyak fotografer. Sayangnya, kondisi keuangan dan sumber daya perusahaan sedang terpuruk. Mereka telah kehilangan jutaan dollar sehingga para investor enggan mengucurkan dana lagi.

Perusahaan pun telah merampingkan jumlah pegawainya dan hanya menyisakan pegawai inti saja, sehingga semua pesanan mesti diselesaikan dengan tenaga yang sedikit.

Hasselblad kemudian mencari sumber dana selain dari para investor. Kala itulah perusahaan kamera ini mendekat ke DJI yang telah sukses meraih pasar drone di China.

Hasselblad mendapatkan uang yang dibutuhkan dari DJI lalu kembali bergerak maju. Pada November 2015, DJI mengumumkan telah membeli saham minoritas di Hasselblad.

Situasi tak hanya berkembang sampai di situ. Hasselblad, pada Januari 2017 ini sudah mulai mengirimkan kamera X1D yang dipesan para pelanggannya dalam jumlah kecil, tapi masih membutuhkan lebih banyak modal untuk menyelesaikan proses produksi kameranya.

Pada titik inilah, menurut sumber dalam industri, DJI masuk dan menaikkan porsi sahamnya menjadi mayoritas. Atau dengan kata lain, kini DJI yang jadi pemilik Hasselblad.

DJI atau Hasselblad sendiri belum merilis pernyataan resmi terkait kabar pembelian ini. Namun jika memang informasi tersebut tepat, kedua perusahaan kemungkinan akan mengumumkannya dalam waktu dekat.

Sekadar diketahui, Hasselblad merupakan perusahaan asal Swedia yang terkenal memproduksi kamera dalam ukuran medium-format. Di masa awal pendiriannya, Hasselblad memang bergerak di industri fotografi udara untuk keperluan militer. Selain itu, mereka juga dikenal dengan berbagai variasi kamera medium-format.

Baca juga: Samsung Caplok Perusahaan Audio Harman Rp 107 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com