Kompas.com - 07/01/2017, 08:05 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Kabar soal BlackBerry Mercury sudah ramai di internet sejak beberapa bulan terakhir. Meski diproduksi pabrikan China bernama TCL, desain Mercury masih digodok langsung oleh BlackBerry.

Namun, ponsel itu bakal jadi penutup kiprah BlackBerry sebagai produsen tunggal lini smartphone. Hal itu dikonfirmasi CEO BlackBerry, John Chen, dalam ajang CES 2017 di Las Vegas, AS.

"Model terakhir yang kami desain sepenuhnya adalah Mercury," kata Chen, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (7/1/2017).

Baca: BlackBerry Resmi Diserahkan ke TCL, Indonesia Tetap BB Merah Putih

Bagi para loyalis BlackBerry, kabar ini bisa dibilang menyedihkan. Pasalnya, BlackBerry merupakan pelopor ponsel pintar yang sempat berjaya sekitar enam tahun terakhir. Tapi tak perlu khawatir, sebab brand BlackBerry belum akan tutup usia.

Ke depan, BlackBerry akan bekerja sama dengan perusahaan pihak ketiga untuk memproduksi lini smartphone. BlackBerry akan memberikan lisensi untuk pabrikan yang bersedia menggarap ponsel bermerek BlackBerry.

Untuk pasar global, perusahaan yang dipercaya adalah TCL. Sementara itu, di Indonesia, ada joint venture antara BlackBerry dan Tiphone, yakni BB Merah Putih.

Nantinya BB Merah Putih ini yang akan mendesain, memproduksi, dan memasarkan ponsel bermerek BlackBerry di Indonesia.

Baca: Dipamerkan di CES 2017, BlackBerry Mercury Tetap Misterius

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.