Kompas.com - 07/01/2017, 19:05 WIB
|
EditorDeliusno

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Asus memperkenalkan seri smartphone Zenfone AR di ajang CES 2017 di Las vegas, AS, Kamis (1/5/2017) lalu.

Smartphone ini menjadi perangkat pertama Asus yang mendukung teknologi Augmented Reality (AR) Tango yang ditetapkan oleh Google. Smartphone pertama dengan kemampuan Tango adalah Lenovo Phab 2 Pro yang dirilis pertengahan 2016 lalu.

Meski menjadi yang kedua, Asus memberi perbedaan kepada Zenfone AR dengan menambah dukungan terhadap platform headset Virtual Reality (VR) Google, Daydream. Dengan demikian, Zenfone AR menjadi smartphone pertama di dunia yang berkemampuan AR dan VR.

Baca: Asus Rilis Zenfone AR, Android RAM 8 GB Pertama di Dunia

Karena sama-sama mendukung platform Tango dari Google, maka sistem kamera yang dimiliki Zenfone AR sama dengan yang diusung Lenovo Phab 2 Pro. Keduanya mengusung tiga kamera di belakang yang masing-masing berfungsi sebagai kamera utama (resolusi 23 megapiksel), kamera sensor gerakan, dan kamera sensor laser untuk mengukur kedalaman bidang.


Dari segi hardware, sebagaimana dilaporkan jurnalis Kompas.com Reska Nistanto langsung dari ajang CES 2017, Zenfone AR mengusung chipset Snapdragon 821 dengan RAM 8 GB. Kapasitas RAM 8 GB ini juga diklaim sebagai yang pertama di dunia yang ada di pasar smartphone saat ini. Terdapat dua slot SIMcard di dalam smartphone ini.

Inovasi lain yang disertakan Asus ke dalam Zenfone AR adalah sistem pendinginan uap air (vapor) yang disalurkan melalui pipa kecil di dalam hardware smartphone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sistem pendinginan ini menjaga agar CPU dan GPU bekerja secara efisien meski bebannya tinggi. Diharapkan, dengan semakin efisien kinerja CPU dan GPU, maka konsumsi baterai juga bisa ikut dihemat.

Selain itu, masih ada fitur pemindai sidik jari yang disematkan di tombol Home di bagian depan di bawah layar. Konektivitas yang dimiliki juga sudah standar USB Type-C yang kian banyak dipakai smartphone-smartphone premium.

Zenfone AR mengusung layar Super Amoled ukuran 5,7 inci dengan resolusi WQHD dengan rasio screen-to-body 79 persen. Bagian panel belakangnya dilapisi oleh kulit sehingga terkesan eksklusif dan tidak licin saat dipegang. Baterai yang diusung berkapasitas 3.300 mAh dan tidak bisa dilepas.

Baca: Melihat Asus Zenfone AR dan Zenfone 3 Zoom dari Berbagai Sudut

KompasTekno berkesempatan melihat Zenfone AR dari dekat dan menjajalnya. Berikut adalah videonya:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.