Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Pamer Kulkas yang Bisa Diperintah Pakai Suara

Kompas.com - 09/01/2017, 06:27 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - LG memanfaatkan ajang Consumer Electronics Show 2017 untuk memamerkan produk kulkas atau lemari pendingin terbarunya. Namun, ini bukanlah produk biasa, melainkan sebuah kulkas pintar yang dibekali dengan sistem operasi webOS dan asisten digital Alexa.

"Lemari es door-in-door ini akan membuat pemilik menikmati pengalaman yang belum pernah didapatkan sebelumnya pada pemilikan sebuah lemari es," ujar Song Dae-Hyun, Presiden LG Home Appliance & Air Solutions Company, dalam keterangan pers, Senin (9/1/2017).

OS webOS tersebut diaplikasikan di sebuah layar berbentang 29 inci yang dinamakan Instaview. Dengan mengetukkan jari sebanyak dua kali, layar akan masuk ke mode transparan, di mana pemakai nantinya bisa langsung mengintip ke dalam kulkas.

Kulkas pintar ini, tentunya, bisa terhubung ke internet. Nantinya, melalui layar Instaview, pengguna bisa mencari resep, mendengarkan musik, mengecek cuaca, dan bahkan berbelanja online.

Nantinya fitur-fitur tersebut bisa dikontrol menggunakan suara dengan memanfaatkan Alexa.

Ada juga fitur yang dinamakan Smart Tag yang membuat pengguna dapat menempelkan catatan digital pada layar yang berisi daftar seluruh bahan makanan berikut tenggat kadaluarsanya.

Pengguna juga nantinya bisa membuat memo untuk diletakkan di layar Instaview tersebut.

Uniknya lagi, bila pengguna tak sedang berada di rumah, tetap saja dapat mengetahui berbagai bahan makanan yang tersimpan dalam lemari es ini. Hal tersebut dapat dilakukan karena LG menempatkan kamera 2MP dengan sudut pengambilan lensa lebar dalam kabin penyimpan untuk mengambil gambar dari berbagai sudut. Hasil penjepretan dapat dlihat melalui smartphone.

Sayangnya, LG tidak membeberkan kapan perangkat ini bakal hadir di pasaran. Harganya pun masih menjadi misteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com