Google Mau "Netizen" Lebih Peka Ketika Doodle Muncul

Kompas.com - 09/01/2017, 08:12 WIB
Google merayakan ulang tahun ke-18 dengan memajang doodle ini GoogleGoogle merayakan ulang tahun ke-18 dengan memajang doodle ini
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sejak beberapa tahun lalu, Google rutin memasang doodle di laman mesin pencari pada hari-hari khusus. Misalnya saja untuk memperingati Hari Ibu, Hari Pahlawan, Hari Kemerdekaan, Natal, Tahun Baru, dan seterusnya.

Kerap kali doodle itulah yang mengingatkan netizen bahwa hari tertentu merupakan hari spesial. Namun, netizen kerap kurang peka dengan kehadiran doodle.  

Untuk meningkatkan kesadaran soal doodle, Google kini menghadirkan notifikasi doodle pada aplikasi Google Search di Android. Anda akan selalu update dengan doodle terbaru Google dan jadi yang pertama tahu tentang hari spesial.

Baca: Ketika CEO Google Mengira Gmail Cuma Guyonan Belaka

Cara mengaktifkan notifikasi itu mudah. Pertama, pastikan aplikasi Google sudah diperbarui melalui toko aplikasi Play Store.

Selanjutnya, buka aplikasi dan pilik ikon burger di sisi kiri atas layar. Tekan "Settings" dan klik "Notifications", sebagaimana dicoba KompasTekno, Senin (9/1/2017).

Di situ akan muncul satu-satunya opsi notifikasi, yakni "Doodle". Opsi itu secara default dinonaktifkan. Gulir ke samping untuk mengaktifkannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ke depan, aplikasi Google akan memberikan pemberitahuan segera setelah doodle dirilis di laman pencarian. Bisa saja doodle-nya berupa ilustrasi sederhana, game, video, atau pengalaman interaktif lainnya.

Selamat mencoba!

Baca: 10 Peristiwa yang Paling Dicari di Google Sepanjang 2016



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X