Kuri, Robot Imut Asisten Rumah Tangga Bikinan Bosch

Kompas.com - 09/01/2017, 10:13 WIB
Kuri, robot pintar asisten rumah tangga BoschKuri, robot pintar asisten rumah tangga
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Mayfield Robotics, perusahaan rintisan yang didukung oleh Bosch, memamerkan robot imut bernama Kuri di ajang Consumer Electronics Show 2016, Las Vegas, AS. Kuri merupakan robot rumah tangga komersial pertama dari Bosch.

Tinggi Kuri sekitar 50 cm dan dilengkapi dengan berbagai jenis sensor. Robot ini dapat mengelilingi dan menghafal seluruh ruangan sambil mencari tahu rute terdekat.

Memanfaatkan sensor yang ada, Kuri juga dapat menghindari objek dan juga tangga.

Ia dapat menjawab berbagai pertanyaan manusia. Kuri juga bisa merespons dengan memperlihatkan ekspresi muka saat manusia mengelusnya.

Misalnya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers, Senin, (9/1/2017), Kuri dapat memainkan musik atau memberi tahu orangtua bahwa anak sudah pulang dari sekolah.

Pengguna juga bisa melihat keadaan rumah dari jarak jauh melalui Kuri. Bosch membekali robot ini dengan kamera 1080p.

Uniknya lagi, Kuri dapat mengenali setiap individu orang di dalam rumah. Kala baterai sudah mau habis, robot pintar ini akan secara otomatis kembali ke tempat mengisi baterai.

Kuri sendiri sudah dikembangkan selama dua tahun belakangan oleh 30 insinyur robot. Para insinyur tersebut bekerja di kantor Mayfield Robotics yang terletak di Silicon Valley.

Kuri akan hadir pada akhir 2017, itupun baru di pasar Amerika Serikat saja. Robot tersebut bisa dipesan dengan harga 699 dollar AS atau sekitar Rp 9,3 juta. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X