Kompas.com - 09/01/2017, 11:20 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Reputasi Android sebagai OS yang kurang aman masih belum berubah di tahun 2016. Dari semua OS, baik itu desktop atau mobile, produk bikinan Google itu dinobatkan sebagai yang paling rawan mengalami serangan malware atau program jahat sepanjang tahun 2016 lalu.

Berdasarkan hasil analisis dari perusahaan keamanan CVE Details, Android mendapat gelar tersebut di tahun 2016 setelah ditemukan setidaknya 523 masalah keamanan.

Sementara iOS buatan Apple cenderung langka masalah. CVE Details hanya menemukan 161 masalah saja di tahun 2016, jauh lebih sedikit dibanding Android.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (9/1/2017), masalah keamanan tersebut merupakan lubang atau celah yang biasanya bisa dieksploitasi oleh peretas.

Baca: Awas, Malware “Godless” Bisa Masuk ke Hampir Semua Android

Jika berhasil mengeksploitasi masalah tersebut, peretas akan bisa masuk ke ponsel milik pengguna dan mengambil berbagai informasi. Misalnya, menyalin nomor kontak, membaca pesan singkat yang ada di dalamnya, mengecek panggilan, menyalin nomor IMEI, password, dan akses-akses lainnya.

Selain membeberkan soal masalah keamanan di Andoid dan iOS, data dari CVE Details juga memperlihatkan bagaimana kondisi sistem operasi desktop sepanjang 2016.

Pada sisi ini, yang paling bermasalah adalah sistem operasi Debian Linux dengan catatan 319 celah keamanan. Berikutnya terdapat Ubuntu Linux dengan 278 celah, Linux Kernel dengan 217 celah, dan Mac OS X dengan 215 celah.

Sedangkan Windows 10 terhitung lebih aman dibanding Mac OS X, yakni dengan catatan 172 celah saja. Begitu pula dengan Windows 8.1 yang hanya mencacat 154 celah.

Baca: Pertama Kali Ditemukan, Malware di Android yang Serang Router Wi-Fi

-------------------------------------------------------------------
Follow Twitter @KompasTekno dan Facebook KompasTekno agar tidak ketinggalan berita-berita teknologi terbaru.
-------------------------------------------------------------------

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.