Ini 4 Ide Bisnis yang Bakal Diinkubasi Tri

Kompas.com - 09/01/2017, 16:31 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Hutshison Tri Indonesia mengumumkan mengundang.co, SellBuyTime, WI4GO, serta Soku.id sebagai pemenang ide bisnis dalam Festival Ambisiku.

KOMPAS.com - PT Hutchison Tri Indonesia (Tri) mengumumkan empat ide bisnis yang memenangkan Festival Ambisiku. Mereka adalah mengundang.co, aplikasi SellBuyTime, WI4GO, dan Soku.id.

Festival Ambisiku merupakan sebuah ajang talkshow dan workshop wirausaha yang digelar Tri di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Solo pada 16 September hingga 9 Oktober 2016 lalu.

Mengundang.co merupakan platform vendor penyelenggaraan pernikahan. SellBuyTime merupakan platform penghubung antara pencari tenaga profesional dengan penyedianya. 

Sementara itu, WI4GO merupakan platform iklan berbasis WiFi. Terakhir, SoKu.id, merupakan platform penjualan makanan secara online.

Baca: 3 Paket Internet Baru Tri Diluncurkan, Harganya?

Direktur Human Capital Tri Indonesia, Wahyudin Adikusumah menjelaskan, setelah pengumuman ini, keempat tim yang mengusulkan ide bisnis tersebut akan mulai membuat rencana bisnis yang akan diterapkan selama dua tahun.

Sepanjang pembuatan rencana bisnis atau implementasi, masing-masing tim mendapatkan pembimbing (guardian) dari Tri. Tujuannya untuk memantau perkembangan, membantu pengembangan bisnis, dan membukakan akses sumber daya milik Tri.

“Mereka kami pilih dari 225 proposal ide yang masuk. Kami nilai dulu apakah idenya berguna buat masyarakat, potensi berkembangnya, lalu diskusi mengenai konsep mereka. Dari situlah kemudian ditentukan,” ujar Wahyudin.

“Tahap berikutnya, selama dua tahun, keempat tim tersebut akan mendapat dukungan macam-macam. Seperti funding, networking, hingga resource lain yang dimiliki Tri dan bisa dipakai mereka,” imbuhnya.

Bukan milik Tri

Head of Customer Engagement & Operations Tri, Julandi George Fransiskus, menambahkan seluruh tim pemilik ide bisnis yang menjadi pemenang itu tidak berada di bawah kepemilikan Tri. Masing-masing bergerak secara independen.

Tri sebagai pengelola Festival Ambisiku, hanya memberikan dukungan, mengawasi, dan membantu pengembangan bisnis selama dua tahun saja. Perusahaan belum memiliki rencana lain setelah masa dua tahun itu lewat.

Baca: Tri Rilis Paket Rp 20.000 untuk Internetan di Singapura

“Sekarang kami belum kucurkan investasi ke mereka. Sejak hari ini, hingga empat hari ke depan, mereka akan kami bantu untuk menyusun rencana bisnis dulu. Setelah itu baru ditentukan bisa memakai sumber daya seperti apa saja. Kan kami punya data mining, basis pengguna, dan macam-macam lainnya,” ttutur Julandi.

“Setelah itu ya belum ada rencana apakah akan diinvestasi atau bagaimana. Kita lihat perkembangan mereka saja dulu,” pungkasnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorDeliusno
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X