Inikah Bukti Galaxy S8 Punya RAM 8 GB?

Kompas.com - 10/01/2017, 15:18 WIB
Ilustrasi chip memori LPDDR4X 8 GB dari SK Hynix SK HynixIlustrasi chip memori LPDDR4X 8 GB dari SK Hynix
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Seperti komputer, kapasitas memori utama alias Random Access Memory (RAM) pada smartphone semakin meningkat. SK Hynix, misalnya, pekan ini memperkenalkan modul RAM untuk smartphone dengan kapasitas 8 GB.

Spekulasi pun bermunculan. Sebagian pihak menduga bahwa modul RAM bernama LPDDR4X ini bakal tertanam di smartphone kelas atas berikutnya dari Samsung, Galaxy S8.

Sebelumnya, Galaxy S8 yang diduga akan meluncur pada April mendatang memang pernah dirumorkan akan memiliki memori utama dengan kapasitas 8 GB.

Baca: Asus Rilis Zenfone AR, Android RAM 8 GB Pertama di Dunia

Perlu ditambahkan pula bahwa SK Hynix merupakan salah satu kompetitor utama Samsung di industri memori. Oleh sebab itu, diragukan bahwa raksasa elektronik Korea Selatan itu bakal menanam modul RAM SK Hynix di produk andalannya.

Meski begitu, setidaknya memori LPDDR4X bikinan SK Hynix ini membuktikan bahwa produksi RAM 8 GB untuk smartphone sudah memungkinkan dan telah dimulai.

Modul memori buatan SK Hynix terdiri dari dua chip 8 Gigabit yang diatur dalam konfigurasi dual-channel dan ditumpuk dalam empat lapisan. Kapasitas akhirnya adalah 64 Giigabit atau 8 Gigabyte, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (10/1/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

SK Hynix mengklaim modul memori ini memakan tempat 30 persen lebih sedikit sekaligus lebih efisien daya 20 persen dibandingkan modul RAM LPDDR4 yang ada sekarang.  

Baca: Samsung Tetap Untung Besar meski Galaxy Note 7 Meledak, Kok Bisa?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.