Bagaimana Cara "Upload" Video di Facebook Bisa Dapat Uang?

Kompas.com - 11/01/2017, 11:02 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Facebook disebut bakal mulai mengambil untung dari berbagai video yang disebar dan tayangkan melalui platform-nya. Caranya dengan memperbanyak sisipan iklan pada video.

Sumber yang dekat dengan dunia bisnis media sosial menyebutkan Facebook akan memakai model iklan mid-roll. Artinya iklan akan tampil sebagai sisipan yang dipasang pada pertengahan video atau minimal setelah video ditonton selama 20 detik.

Agar video dipasangi iklan, para pembuat konten diminta mengunggah video dengan durasi lebih panjang. Video yang akan dipasang iklan mesti memiliki durasi minimal 90 detik.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Recode, Rabu (10/1/2017), keuntungan yang diperoleh dari iklan tersebut akan dibagikan dengan para pemilik video.

Baca: Facebook Punya Taktik Baru Lawan Pemblokir Iklan

Saat ini, pembagiannya adalah 55 persen untuk pemilik video dan 45 persen untuk Facebook. Singkat kata, persentase tersebut mirip dengan yang diterapkan oleh YouTube.

Sekadar diketahui, Facebook memang punya rencana besar dalam pengembangan segmen video. Rencana ini sudah mulai digalakkan sejak beberapa tahun lalu, dan hasilnya pada 2016, total jam tayang video di Facebook mencapai 100 juta jam per hari.

Dari aturan soal pemasangan iklan di video tersebut, terindikasi bahwa Facebook lebih mementingkan persoalan durasi menonton ketimbang jumlah video yang ditonton pengguna.

Baca juga: 4 Tips agar Video Laris Ditonton di YouTube

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.