Internet IndiHome Sempat Terganggu, Ini Penjelasan Telkom

Kompas.com - 11/01/2017, 13:39 WIB
Ilustrasi Doc. Telkom IndonesiaIlustrasi
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Koneksi internet IndiHome di wilayah Depok dan sekitarnya sempat putus, pada Selasa (10/1/2017). Penyebabnya ternyata bukan gangguan pada jaringan, melainkan karena ada pemadaman listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Vice President Consumer Marketing & Sales Telkom Jemy V. Confido mengatakan putusnya koneksi internet tersebut hanya terjadi dalam waktu singkat saja.

“Kemungkinan kemarin banyak pemadaman PLN jadi berimbas perangkat kami sempat mati. Sebentar saja kok. Setelah itu langsung 'nyala' kembali,” tutur Jemy saat dihubungi KompasTekno, Rabu (11/1/2017).

Baca: Telkom: Stop IndiHome, Telepon Rumah Tak Ikut Hangus

Saat koneksi internet putus, sebagian pelanggan IndiHome mendapatkan notifikasi SMS. Isinya menyatakan bahwa layanan IndiHome sedang mengalami gangguan.

SMS tersebut, menurut Jemy, memang dirancang otomatis dikirimkan setiap ada gangguan. Oleh karena itu, meski gangguan hanya terjadi sebentar, pemberitahuan via SMS tetap terkirim ke pengguna.

“Jadi kami (IndiHome) ada yang namanya proactive maintenance. Misalkan ada perangkat mati, maka sistem langsung broadcast SMS ke pelanggan untuk memberitahukan,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Putusnya memang cuma sebentar, tapi SMS sempat terkirim sebagai informasi kepada pelanggan,” pungkas Jemy.

Baca: Begini Cara Cek Kuota Internet Telkom IndiHome

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.