Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor 25 Tahun Foxconn Sang Perakit iPhone Terhenti, Salah Siapa?

Kompas.com - 12/01/2017, 09:44 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Pembuat komponen elektronik terbesar di dunia, Foxconn, meraup pendapatan sebesar 135,38 miliar dollar AS atau setara Rp 1.800 triliun sepanjang 2016.

Angka itu turun 2,81 persen jika dibandingkan penghasilan 140 miliar dollar AS atau Rp 1.866 triliun pada 2015 lalu.

Fakta ini mencatat sejarah baru bagi Foxconn, rekor 25 tahun perusahaan perakit iPhone ini terhenti. Sejak pertama kali memperkenalkan diri sebagai perusahaan pada 1991 atau 25 tahun lalu, Foxconn tak pernah meraup pendapatan yang lebih kecil dari periode sebelumnya.

Ada apa gerangan? Menurut para analis, penurunan pendapatan ini diakibatkan penjualan iPhone yang juga menurun sepanjang 2016.

Baca: Apple Kurangi Produksi iPhone

Diketahui, 50 persen dari pendapatan Foxconn berasal dari perakitan iPhone. Jika penjualan iPhone menurun, artinya komponen yang dipasok Foxconn juga menurun dan berimbas pada pendapatan.

Adapun produk iPhone yang disebut-sebut kurang peminat adalah duet iPhone 6s dan 6s Plus. Sementara itu, iPhone 7 dan 7 Plus sejauh ini dikatakan masih mendapat antusiasme yang tinggi dari para fanboy Apple.

Belum jelas apakah tren penurunan penjualan iPhone yang berimbas pada penurunan pendapatan Foxconn akan berlangsung terus-menerus atau hanya pada 2016.

Sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (11/1/2017), pihak Foxconn pun tak memberi komentar soal penurunan pendapatan yang pertama kali dialami selama 25 tahun berdiri.

Baca: Cerita Kota Kecil di China dengan Julukan iPhone City

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com