Kompas.com - 12/01/2017, 12:17 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Sejumlah perusahaan teknologi kini telah menawarkan teknologi digital assistant berbasis artificial intelligence (AI), seperti Siri besutan Apple, Cortana dari Microsoft, dan Alexa bikinan e-commerce Amazon.

Nokia agaknya tak mau ketinggalan dalam urusan ini. Divisi networking dari sang mantan pabrikan ponsel legendaris itu belakangan diketahui telah mengajukan trademark untuk teknologi serupa bernama "Viki".

Dokumen aplikasi merek dagang menyebutkan bahwa Viki merupakan "asisten dengan pengetahuan digital yang mampu menggabungkan semua sumber data dalam satu obrolan dan antarmuka berbasis suara".

Turut disebutkan pula bahwa Viki nantinya bisa dipakai di perangkat mobile dan situs jejaring, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (12/1/2017).

Baca: Nokia 6 Tandai Kebangkitan Nokia di Industri "Smartphone"

Selain informasi di atas, belum banyak yang diketahui tentang Viki. Seorang juru bicara mengakui bahwa pihaknya memang mengajukan aplikasi trademark atas Viki, tetapi bungkam ketika ditanya lebih lanjut.

"Kami tak berkomentar tentang kemungkinan atau waktu pemakaiannya di produk atau layanan Nokia," ujar sang juru bicara.

Dari deskripsinya, kemungkinan besar Viki nanti akan mengikuti jejak kawan-kawannya sesama digital assistant, dalam hal menyediakan layanan digital berbasis AI lewat antarmuka suara.

Ada juga kemungkinan bahwa Viki akan nongol di ponsel-ponsel Android baru Nokia yang kini mulai bermunculan, seperti yang ditandai dengan pengumuman Nokia 6 di China beberapa hari lalu.

Baca: Pakai Android Nougat, Nokia 6 Secanggih Apa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.