Kompas.com - 12/01/2017, 12:45 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Para pengguna operator seluler XL belakangan banyak mengeluhkan kualitas koneksi internet yang menurun. Para pengguna pun menyuarakan komplain lewat saluran pelayanan pelanggan XL.

Sejumlah pengguna mencoba melaporkan masalah ini ke akun Twitter @myXL atau @myXLcare.

Seperti dipantau KompasTekno, Kamis (12/1/2017) siang, masalah yang dikeluhkan mulai mengakses media sosial, browsing internet, dan chatting via WhatsApp.

"Apakah ada kendala Data Service XL? Dari Tadi pagi 12/1/2017 jaringan terasa lemot sekali di area Jakarta Pusat," keluh seorang pengguna Twitter bernama @djokowarsito.

Selain Jakarta, keluhan serupa juga banyak disuarakan oleh para pengguna di daerah lain, seperti Bogor, Pekalongan di Jawa Tengah, Kediri di Jawa Timur, Sumedang di Jawa Barat, dan Palembang di Sumatera Selatan.

"Jaringan 4G XL di sekitar sini (Cimanggung, Sumedang) kayaknya lagi gangguan ya, @myXLCare? Status 4G kecepatan 2G," tulis pengguna Twitter @mr_adhi.

Menanggapi banjir komplain tersebut, akun Twitter XL di handle @MyXLCare mengatakan bahwa akses internet operator tersebut tengah mengalami gangguan.

"Untuk saat ini sedang tidak bisa melakukan akses internet di sebagian area nasional. Mohon ditunggu update selanjutnya ya," kicau @MyXLCare.

Ketika dminta keterangannya oleh KompasTekno, General Manager Corporate Communication PT XL Axiata Tri Wahyuningsih membenarkan bahwa koneksi internet XL memang sedang beramsalah, khususnya untuk akses ke situs luar negeri.

"Internet ke jaringan domestik masih lancar dan tetap bisa digunakan," ujar wanita yang kerap disapa Ayu ini.

Pihak XL belum memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kapan gangguan dimulai, penyebabnya, dan perkiraan waktu selesai dilakukan perbaikan.

Update: Dua Kabel Optik Internet XL ke Luar Negeri Putus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.