Smart Assistant, Robot Serupa Asisten "Iron Man" Bikinan Lenovo

Kompas.com - 12/01/2017, 13:29 WIB
Lenovo Smart Assistant yang dipamerkan dalam Consumer Electronic Show 2017 di Las Vegas Lenovo/Erry RahmantyoLenovo Smart Assistant yang dipamerkan dalam Consumer Electronic Show 2017 di Las Vegas
Penulis Wisnubrata
|
EditorDeliusno

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Mereka yang pernah nonton film Iron Man pastilah akrab dengan tokoh JARVIS. JARVIS - Just A Rather Very Intelligent System - adalah asisten Tony Stark, sang Iron Man. Tapi dia bukan sosok manusia. Dia adalah mesin yang memiliki kecerdasan dan terhubung dengan berbagai sistem di rumah Tony Stark.

Selain bisa menjawab berbagai pertanyaan dan melakukan perhitungan, JARVIS bisa juga melakukan urusan lain di rumah Tony, dari mematikan lampu hingga membuat robot. Terlihat seperti khayalan ya?

Namun tahukah Anda, asisten cerdas seperti JARVIS ini ternyata mulai dikembangkan dan bakal menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Salah satu perusahaan yang mengembangkannya adalah Lenovo, melalui produk Smart Assistant.

Alat berbentuk tabung ini memang belum bisa membuat robot atau menampilkan hologram. Namun kita bisa menanyakan berbagai hal, seperti cuaca, kurs mata uang, dan hal lain kepadanya. Kita juga bisa memintanya mematikan atau menghidupkan lampu, serta memutar lagu pilihan kita.

Lenovo Smart Assistant menggunakan aplikasi Amazon Alexa, layanan suara yang memungkinkan seseorang berinteraksi dengan sebuah piranti menggunakan suara.

Dalam acara Consumer Electronic Show 2017 di Las Vegas awal bulan Januari ini, saya sempat “berbincang-bincang” dengan mesin ini. Kami menyapanya dengan nama Alexa.

“Alexa, what is the weather today?” tanya saya.

Dia pun menjawab dengan tepat bagaimana kondisi cuaca Las Vegas hari itu.

Saat saya memintanya mematikan lampu, dia pun menjawabnya, “OK, the light turned off” dan lampu pun padam.

Bagaimana mesin ini melakukan semua itu? Pertama, dia dilengkapi kecerdasan untuk mengenali suara dan memahami kalimat – saat ini baru dalam Bahasa Inggris dan Mandarin. Dia lalu mengubahnya menjadi kode dan melakukan perintah.

Untuk menjawab pertanyaan, mesin ini akan mencari data di cloud lewat koneksi wireless. Setelah data yang tepat ditemukan, dia akan memberi jawaban melalui suara. Interaksi seperti ini membuat kita tidak merasa berhadapan dengan mesin yang kaku, namun lebih manusiawi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X