Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Buka "Stories" di Instagram Bakal Lihat Iklan

Kompas.com - 12/01/2017, 15:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Dalam beberapa minggu ke depan, Instagram Stories bakal disisipi iklan berdurasi 15 detik. Kebijakan ini diumumkan Instagram menyusul tingginya pertumbuhan pengguna untuk fitur yang mirip Snapchat tersebut.

"Selama lima bulan beroperasi, Stories tumbuh pesat. Saat ini lebih dari 150 juta pengguna Instagram aktif di Stories," begitu tertera pada blog resmi Instagram, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (12/1/2017).

Jangan heran jika tiba-tiba Anda dijejali konten video dari brand ketika sedang asyik melihat Stories teman. Instagram berjanji iklan yang disodorkan akan relevan dengan ketertarikan pengguna, sebab disesuaikan dengan kebiasaan pengguna menjajal layanan tersebut selama ini.

Sebagai awal, iklan di Instagram Stories masih terbatas untuk beberapa brand kawakan seperti Nike, Netflix, Airbnb, dan Maybelline New York. Ke depannya pengiklan bisa datang dari mana saja sesuai ketentuan kerja sama dengan Instagram.

Baca: Iklan di Media Sosial Bakal Lampaui Koran, Kapan?

"Storytelling via Instagram Stories mampu meningkatkan ikatan antara brand dengan masyarakat. Kami ingin mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari petulangan kami," kata Global Head of Social Marketing and Content Airbnb, Eric Toda.

Seiring perkembangannya, Instagram tak semata menjadi platform berbagi foto atau video, melainkan juga wadah berbisnis. Penggunanya tak terbatas pada individu, tapi juga institusi, event, dan bisnis.

Hubungan antara pengguna biasa dan bisnis pun diklaim makin erat di Instagram. Saat ini, 70 persen dari total pengguna Instagram mengikuti akun bisnis untuk mengetahui informasi terbaru soal berbagai produk dan jasa.

Baca: Ingkar Janji WhatsApp soal Iklan dan Facebook

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com