Dua Kabel Optik Internet XL ke Luar Negeri Putus

Kompas.com - 12/01/2017, 15:51 WIB
Ilustrasi TOTO SIHONOIlustrasi
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari belakangan, pengguna internet di jaringan XL Axiata mengeluhkan kualitas koneksi mereka yang "lemot"alias lambat. XL pun menjelaskan masalah yang sebenarnya terjadi.

VP Network Planning & Development XL, Budi Harjono mengungkap bahwa pada Kamis (12/1/2017), kabel serat optik yang digunakan sebagai jalur koneksi internet ke luar negeri terputus. Kabel tersebut berlokasi di Batam.

Menurutnya, XL sebenarnya menyediakan dua kabel serat optik untuk menangani koneksi internet dari dan ke luar negeri. Biasanya, saat terjadi masalah pada kabel pertama, maka beban jaringan masih bisa dioper ke kabel kedua.

Sayangnya, pada kejadian hari ini, kedua kabel tersebut sama-sama putus sehingga berimbas pada koneksi internet.

“Ada force majeur memang. Sekarang kan sedang banyak pembangunan dan galian-galian, nah dari situ mungkin tak sengaja kena kabel serat optik yang mengarah ke internasional itu putus. Dua-duanya putus,” jelas Budi saat bicara dengan KompasTekno di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

“Memang selain dua kabel itu masih ada kabel utama, tapi tidak cukup untuk menampung beban penggunaan jaringan, jadinya lambat. Kami pun langsung perbaiki, tapi memang cukup memakan waktu. Kalau sekarang koneksi sudah normal lagi,” imbuhnya.

Baca: Internet Bermasalah, Ini Penjelasan XL

Durasi perbaikan

Selain mengungkap soal masalah jaringan, Budi juga bercerita mengenai tingkat kesulitan perbaikan kabel serat optik. Menurutnya, perbaikan kabel serat optik di Batam bisa dilakukan dengan cepat, karena memang terjadi di wilayah yang mudah dijangkau.

“Tadi perbaikan mulai dari sekitar jam 10.00 WIB, lalu sekitar pukul 13.00 WIB koneksinya sudah berangsur pulih,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.