Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Naik, Android Masih Mendominasi

Kompas.com - 12/01/2017, 17:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Pada musim liburan akhir tahun 2016, lembaga riset pasar Kantar Worldpanel ComTech mencatat peningkatan penjualan perangkat mobile di sejumlah wilayah pasar negara maju.

Di Amerika Serikat antara bulan September hingga November 2016, iPhone menguasai 43 persen keseluruhan penjualan smartphone atau naik dari 37 persen pada tahun 2015.

Di Inggris, iPhone menguasai 48 persen dalam kurun waktu yang sama, naik dibanding 39 persen di 2015.

Kontribusi perangkat Android terhadap keseluruhan penjualan smartphone tercatat menurun di kedua pasar ini.

Meski demikian, aneka smartphone berbasis sistem operasi besutan Google ini masih mendominasi dengan kontribusi penjualan terhadap penjualan smartphone mencapai 55 persen di AS dan 50 persen di Inggris.

Kontribusi Android terhadap penjualan smartphone di lima negara pasar utama Eropa (EU5, Spanyol, Jerman, Italia, Perancis, dan Inggris) dalam periode setahun yang berakhir pada November 2016 mencapai 72,4 persen.

Baca: 10 Tahun Perjalanan, Begini Wajah iPhone dari Masa ke Masa

Di wilayah lain seperti China, Jerman, Italia dan Spanyol, penjualan Android tetap nomor satu dengan selisih yang lebih besar terhadap iPhone, dibandingkan pasar AS dan Inggris, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Kamis (12/1/2017).

Kantar, misalnya, mencatat bahwa pangsa pasar perangkat iOS pada penjualan musim liburan 2016 di China hanya sebesar 19,9 persen, turun dari 25,3 persen yang tercatat setahun sebelumnya. Sedangkan Android menguasai hampir 80 persen.

Sementara itu, kontribusi perangkat berbasis Windows Phone terhadap penjualan smartphone menurun hingga di bawah 1 persen di AS dan China, serta di kisaran 2 persen di Jerman dan Inggris.

Baca: Jangan Kaget, iPhone dan Android Lawas Tak Bisa Pakai WhatsApp Lagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com