Kompas.com - 12/01/2017, 18:00 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Jaringan internet milik operator seluler XL sempat tumbang. Layanan berbasis internet, seperti media sosial, browsing, dan chatting, terasa tersendat-sendat, bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

Entah kapan tepatnya masalah tersebut mulai. Yang pasti, puncak masalah terjadi pada Kamis (12/1/2017) siang. Layanan internet milik XL sendiri sebenarnya sudah terasa "berat" dalam tiga hari belakangan ini.

Apa yang sebenarnya terjadi? VP Network Planning & Development XL Budi Harjono menjelaskan, kabel serat optik XL di Batam yang digunakan sebagai jalur koneksi internet ke luar negeri terputus.

Budi tidak membeberkan kejadian apa yang menyebabkan kabel serat optik itu bisa sampai putus. Akan tetapi, dia memberikan sedikit petunjuk, masalah ini terkait dengan pembangunan jalan. Mungkinkah kabel tersebut putus karena adanya galian kabel?     

"Ada force majeur memang. Sekarang kan sedang banyak pembangunan dan galian-galian. Nah, dari situ mungkin tak sengaja kena kabel serat optik yang mengarah ke internasional itu putus," tutur Budi.

Baca: Dua Kabel Optik Internet XL ke Luar Negeri Putus

XL sendiri sebenarnya sudah menyiapkan dua buah kabel untuk menangani koneksi internet dari dan ke luar negeri. Biasanya, saat terjadi masalah di kabel pertama, beban jaringan dapat dipindahkan ke kabel keduanya.

Akan tetapi, kedua kabel sama-sama terputus sehingga berimbas pada koneksi internet.

"Memang selain dua kabel itu, masih ada kabel utama, tetapi tidak cukup untuk menampung beban penggunaan jaringan, jadinya lambat. Kami pun langsung perbaiki, tetapi memang cukup memakan waktu. Kalau sekarang koneksi sudah normal lagi," katanya.

Layanan internet XL sendiri sempat dirasa bermasalah di berbagai wilayah. Selain Jakarta, keluhan serupa juga banyak disuarakan oleh pengguna di daerah Bogor, Pekalongan, Kediri, Sumedang, dan Palembang.

Saat ini, jaringan internet XL sudah mulai pulih dan berjalan normal.

Baca: Internet Bermasalah, Ini Penjelasan XL

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.