Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Ungkap Bentuk Awal iPhone

Kompas.com - 13/01/2017, 07:09 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BuzzFeed

KOMPAS.com - iPhone pertama yang meluncur 10 tahun lalu pada 2007 ternyata nyaris memiliki antarmuka sistem operasi dengan clickwheel mirip iPod.

Hal tersebut tampak dalam sebuah video unggahan YouTuber Sonny Dickson yang menampilkan dua buah prototipe awal iPhone, masing-masing disebut sebagai "P1" dan "P2".

Kedua purwarupa menjalankan OS serupa sama, yakni Acorn yang biasa dipakai untuk pengujian. Hanya saja, antarmukanya tampak berbeda.

P2 terlihat menjalankan OS itu dengan antarmuka full-touchscreen, dengan seluruh layar yang berisi tampilan OS.

Sementara, P1 memiliki antarmuka yang terbelah dua. Di setengah layar sisi atas terdapat jendela layar aplikasi, sementara di setengah sisi bawah menampilkan elemen visual serupa clickwheel pada iPod.

Pengguna melakukan input dengan berinteraksi memakai clickwheel virtual, mirip dengan iPod. Hanya saja, clickwheel tidak berupa tombol fisik, tapi tampilan virtual.

Pada akhirnya, prototipe P2 dengan antarmuka fulll-touchscreen-lah yang terpilih untuk dikembangkan menjadi produk final.

"Dulu ada banyak ide UI yang berkompetisi, baik clickwheel fisik maupun virtual," sebut Tony Fadell, mantan senior vice presiden divisi iPod di Apple, mengomentari video tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BuzzFeed, Jumat (13/1/2016).

"Clickwheel sangat ikonik dan kami berupaya memanfaatkan itu," lanjut dia.

Meski beredar kabar bahwa ada dua tim yang diadu di Apple untuk mewujudkan antarmuka iPhone, Fadell menampik dugaan tersebut.

"Yang diadu adalah idenya, bukan timnya," kata dia. Video selangkapnya dari kedua purwarupa awal iPhone dapat disimak di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BuzzFeed


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com