Video Ungkap Bentuk Awal iPhone

Kompas.com - 13/01/2017, 07:09 WIB
Apple iPhone generasi pertama. AppleApple iPhone generasi pertama.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - iPhone pertama yang meluncur 10 tahun lalu pada 2007 ternyata nyaris memiliki antarmuka sistem operasi dengan clickwheel mirip iPod.

Hal tersebut tampak dalam sebuah video unggahan YouTuber Sonny Dickson yang menampilkan dua buah prototipe awal iPhone, masing-masing disebut sebagai "P1" dan "P2".

Kedua purwarupa menjalankan OS serupa sama, yakni Acorn yang biasa dipakai untuk pengujian. Hanya saja, antarmukanya tampak berbeda.

P2 terlihat menjalankan OS itu dengan antarmuka full-touchscreen, dengan seluruh layar yang berisi tampilan OS.

Sementara, P1 memiliki antarmuka yang terbelah dua. Di setengah layar sisi atas terdapat jendela layar aplikasi, sementara di setengah sisi bawah menampilkan elemen visual serupa clickwheel pada iPod.

Pengguna melakukan input dengan berinteraksi memakai clickwheel virtual, mirip dengan iPod. Hanya saja, clickwheel tidak berupa tombol fisik, tapi tampilan virtual.

Pada akhirnya, prototipe P2 dengan antarmuka fulll-touchscreen-lah yang terpilih untuk dikembangkan menjadi produk final.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dulu ada banyak ide UI yang berkompetisi, baik clickwheel fisik maupun virtual," sebut Tony Fadell, mantan senior vice presiden divisi iPod di Apple, mengomentari video tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BuzzFeed, Jumat (13/1/2016).

"Clickwheel sangat ikonik dan kami berupaya memanfaatkan itu," lanjut dia.

Meski beredar kabar bahwa ada dua tim yang diadu di Apple untuk mewujudkan antarmuka iPhone, Fadell menampik dugaan tersebut.

"Yang diadu adalah idenya, bukan timnya," kata dia. Video selangkapnya dari kedua purwarupa awal iPhone dapat disimak di tautan berikut.



Sumber BuzzFeed
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.