Dicabut, Larangan Bawa Galaxy Note 7 ke Pesawat

Kompas.com - 13/01/2017, 09:12 WIB
Galaxy Note 7 Reza Wahyudi/Kompas.comGalaxy Note 7
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kasus baterai Galaxy Note 7 yang mudah terbakar sempat membuat otoritas penerbangan Amerika Serikat, FAA kerepotan.

Otoritas penerbangan tersebut sampai mewajibkan maskapai melarang Galaxy Note 7 dibawa masuk ke pesawat udara, baik sebagai barang yang ditenteng atau bagasi tercatat (checked-in baggage).

Namun kini, himbauan itu resmi dicabut oleh Federal Aviation Administration (FAA). Hal itu menyusul klaim Samsung yang mentakan bahwa 96 persen perangkat Galaxy Note 7 yang diedarkan sebelumnya telah dikembalikan. (Baca: Usaha Samsung Lenyapkan Galaxy Note 7 Mendekati Final)

Dengan alasan itu, FAA mencabut aturan yang mewajibkan maskapai penerbangan di AS membuat pengumuman larangan Galaxy Note 7 sebelum boarding.

Besar kemungkinannya aturan ini bakal diikuti oleh negara-negara lain, termasuk Indonesia. Hal ini mengingat FAA adalah otoritas penerbangan yang banyak diikuti dan menjadi acuan oleh otoritas penerbangan negara-negara lain di dunia. (Baca: AirAsia dan Garuda Indonesia Larang Penumpang Bawa Galaxy Note 7)

Sebelumnya, saat kasus baterai Galaxy Note 7 terbakar pertama kali muncul pertengahan 2016 lalu, FAA hanya melarang pengguna mengoperasikan atau menyalakan Galaxy Note 7 di kabin pesawat.

Namun menyusul insiden yang terjadi dalam penerbangan maskapai Southwest pada Oktober 2016 lalu, FAA resmi melarang Galaxy Note 7 dibawa masuk ke pesawat, baik sebagai barang tentengan atau bagasi tercatat.

Samsung sendiri mengklaim dikembalikannya 96 persen unit Galaxy Note 7 yang sempat beredar adalah hasil upayanya bersama dengan operator seluler.

Samsung bekerja sama dengan operator tersebut tak hentinya mengirim pesan SMS yang berisi himbauan untuk menukar Galaxy Note 7.

Di samping itu, Samsung juga berupaya melalui cara lain, seperti update software firmware yang membatasi kapasitas daya baterai Galaxy Note 7.

Bahkan, Samsung sampai merilis update firmware yang bisa "melumpuhkan" Galaxy Note 7, sehingga tidak bisa dipakai lagi oleh pengguna.

Baca: Jatuh dan Tertimpa Tangga, Rangkuman Masalah Galaxy Note 7



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X