Startup "Karya Anak Bangsa" Go-Jek Akhirnya Bisa Bahasa Indonesia

Kompas.com - 13/01/2017, 13:48 WIB
Screenshot aplikasi Go-Jek berbahasa Indonesia screenshotScreenshot aplikasi Go-Jek berbahasa Indonesia
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Go-Jek yang terkenal dengan jargon "Karya Anak Bangsa"-nya, baru saja memperbarui aplikasi mereka. Pada pembaruan kali ini, aplikasi Go-Jek bisa menampilkan pilihan menu dan berbagai pengaturan lain dalam Bahasa Indonesia.

Butuh waktu dua tahun bagi Go-Jek untuk memberikan dukungan bahasa Indonesia di aplikasinya. Diketahui, aplikasi Go-Jek pertama kali dirilis di iOS dan Android pada Januari 2015 lalu. (Baca: Pesan Ojek Kini Bisa dari Android dan iPhone )

Pantauan KompasTekno, Jumat (13/1/2017), yang berubah antara lain penamaan pada deretan menu di bagian atas aplikasi, yakni “Beranda” sebagai “Home”, “Riwayat” sebagai “History”,  “Bantuan” sebagai “Help”, serta “Akun Saya” sebagai pengganti nama menu “My Account".

Selain itu, perubahan bahasa juga akan berpengaruh pada penamaan kolom di bagian pengaturan aplikasi, seperti perubahan kata sandi, bahasa hingga ketentuan layanan. Sedangkan bagian layanan, tidak seluruhnya ditampilkan dalam Bahasa Indonesia.

Sebagai contoh, keterangan pada layanan Go-Massage masih menggunakan Bahasa Inggris. Begitu pula saat klik masuk ke menu pilihan produk di dalam Go-Massage, bahasa yang ditampilkan bercampur antara Inggris dan Indonesia.

Walau belum seutuhnya berbahasa Indonesia, tak bisa disangkal bahwa ini merupakan kemajuan bagi Go-Jek yang kerap mengusung jargon “karya anak bangsa”. Setidaknya, para pengemudi Go-Jek dan pelanggan kini bisa lebih mudah memahami aplikasi dalam bahasa bangsanya sendiri.

Baca: Go-Pay Bakal Dibuka untuk Merchant di Luar Go-Jek

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menjajal pengaturan Bahasa Indonesia, pengguna Android mesti terlebih dulu memperbarui aplikasi Go-Jek versi 2.13.2, sedangkan iOS ke versi 2.13. Klik tautan berikut ini untuk pengguna Android, atau klik tautan ini jika Anda pengguna iOS dan ingin melakukan update.

Fitur baru Go-Points

Selain pengaturan Bahasa Indonesia, aplikasi terbaru Go-Jek kini memiliki fitur baru bernama Go-Points. Ini merupakan insentif berupa token, yang diperoleh setiap kali pengguna melakukan transaksi menggunakan sistem pembayaran Go-Pay.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.