Kompas.com - 13/01/2017, 19:04 WIB
Tampilan dan fitur baru Snapchat SnapchatTampilan dan fitur baru Snapchat
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Minggu ini, Snap Inc mengumumkan perubahan tampilan dan penambahan fitur baru di aplikasi jejaring sosial Snapchat besutannya.

Salah satu fitur baru berupa kolom pencarian (search bar) yang ditempatkan di bagian atas tampilan aplikasi, di atas bagian kamera dan stories.

Lewat search bar yang selalu ditampilkan ini, pengguna bisa mencari teman di daftar kontak maupun para pemilik akun Snapchat lain, termasuk brand dan selebriti.

Fitur lainnya adalah pengguna kini bisa berkontribusi kapanpun ke "Our Story" yang berisi kumpulan video live stories dari para pengguna Snapchat di seluruh dunia, tak lagi dibatasi untuk event atau lokasi tertentu saja.

Baca: Baru Digemari di Indonesia, Apa Serunya Snapchat?

Stories yang dikirimkan ke Our Stories kemudian akan diagregasi dan dipilah berdasarkan tren yang sedang mengemuka saat itu.

Ada juga tampilan dan navigasi gaya baru yang bisa diakses dari kolom search, yakni "Quick Chat" untuk chatting perorangan dengan teman, dan "Quick Add" yang berisi daftar friend request dan kontak lain yang belum ditambahkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk membuka profil sendiri, pengguna kini tak perlu lagi hanya mengandalkan sapuan jari ke arah bawah dari kamera, melainkan bisa juga lewat Bitmoji yang ditampilkan di sisi kiri layar.

Aneka perubahan di atas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari LA Times, Jumat (13/1/2017), membuat cara kerja Snapchat jadi lebih mirip jejaring sosial lain seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, dalam hal kemudahan menemukan konten dari para pengguna lain di seluruh dunia.

Update aplikasi Snapchat berisi tampilan dan fitur-fitur baru saat ini baru diluncurkan untuk para beta-tester di platform Android. Pengguna Snapchat selebihnya masih harus menunggu sebelum kebagian.

Baca: Mantan Pegawai Tuduh Snapchat Berbuat Curang


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber LA Times

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.