Microsoft Siapkan "Kunci Otomatis" untuk Windows 10

Kompas.com - 14/01/2017, 13:13 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Ada kalanya PC masih belum terkunci saat ditinggal oleh pengguna -misalnya untuk makan siang di kantor- sehingga rawan diusili tangan jahil.

Untuk mencegah hal semacam inilah Microsoft agaknya berencana merilis fitur "pengunci otomatis" dalam update sistem operasi WIndows 10 berikutnya.

Keberadaan fitur bernama Dynamic Lock tersebut diketahui lewat Insider Preview dari Windows 10 Creators Update, tepatnya versi build 15002.

Dynamic Lock dirancang agar mengunci komputer secara otomatis saat mendeteksi bahwa pengguna sedang tidak berada di tempat.

Windows Central Tampilan opsi mengaktifkan fitur Dynamic Lock di Insider Preview dari Windows 10 Creators Update, build 15002.

Masih belum jelas mekanisme macam apa yang bakal dipakai untuk medeteksi keberadaan pengguna, apakah sensor jarak (proximity sensor) yang membutuhkan hardware khusus atau cara lain seperti face detection via Windows Hello.

Yang jelas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Sabtu (14/1/2017), Dynamic Lock kemungkinan besar bukan sekadar "rebranding" dari fitur Windows yang mengunci PC setelah idle beberapa lama.

Belum diketahui kapan Dynamic Lock akan resmi hadir untuk PC berbasis Windows 10.

Sementara menunggu, pengguna bisa mengunci PC secara manual dengan cara lama yang sebenarnya sangat mudah. Cukup dengan menekan kombinasi tombol "Windows" dan "L" di keyboard.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PC World
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.