Cara Hemat Kuota Data Saat Tonton Video Facebook, Instagram, dan Twitter

Kompas.com - 17/01/2017, 09:03 WIB
Menonton video streaming di layanan seperti YouTube mengonsumsi banyak kuota data Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comMenonton video streaming di layanan seperti YouTube mengonsumsi banyak kuota data
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Video menjadi salah satu elemen penting pada layanan media sosial akhir-akhir ini. Namun, pemutaran video mengonsumsi data internet paling besar dibandingkan konten lain seperti teks dan foto.

Apalagi layanan media sosial semacam Facebook, Instagram, dan Twitter, memutar video secara otomatis alias autoplay ketika pengguna membuka aplikasi.

Padahal, tak semua video yang dibagi teman menarik untuk ditonton. Mekanisme ini bisa dibilang tak efisien. Nah, Anda sejatinya bisa menyetel pengaturan pada aplikasi media sosial agar menyetop mekanisme autoplay.

Penyetelan itu akan membuat Anda mengonsumsi data lebih cerdas dan bijak, karena cuma video yang ingin ditonton yang menguras data. Facebook, Instagram, dan Twitter punya pengaturan berbeda-beda untuk menyetop autoplay, sebagai berikut.

1. Facebook

Untuk pengguna iPhone, cara menyetop autoplay cukup dengan menekan ikon menu burger (tiga garis menumpuk) pada sisi kanan bawah antarmuka aplikasi Facebook.

DigitalTrends Penyetelan autoplay di Facebook untuk Android (ki) dan iOS (ka).

Selanjutnya pilih "Settings" lalu "Account Settings". Gulir layar ke bawah hingga Anda menemukan pilihan "Videos and Photos". Temukan opsi "Autoplay" dan klik "Never Autoplay Videos".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, untuk pengguna Android, cara mengubah setelah autoplay lebih simpel. Pengguna cukup menekan ikon burger di sisi kanan atas antarmuka aplikasi Facebook.

Lantas, gulir ke bawah untuk menemukan opsi "Autoplay" dan pilih "Never Autoplay Videos".

Baca: Bagaimana Cara Upload Video di Facebook Bisa Dapat Uang?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.