Kompas.com - 19/01/2017, 14:50 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KYOTO, KOMPAS.com - Keberadaan Fujifilm GFX 50S sudah lama diketahui sejak kemunculan perdananya di Jerman, September tahun lalu. Hanya saja harganya ketika itu masih belum diumumkan.

Nah, dalam ajang Fujikina 2017 di Kyoto, Jepang, Kamis (19/1/2017), banderol resmi dari kamera mirrorless medium format pertama besutan Fujifilm itu akhirnya resmi diungkap.

Harga body GFX 50S dipatok di angka 6.499 dollar AS atau sekitar Rp 87 juta. Angka tersebut terbilang lebih rendah dibandingkan beberapa kamera sejenis di pasaran, seperti Pentax 654D yang dihargai 10.000 dollar AS (Rp 133 juta) saat peluncuran, dan Hasselblad X1D di kisaran 9.000 dollar AS (Rp 120 juta).

Baca: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

Saat berbicara mengenai GFX 50S dalam konferensi pers Fujikina 2017, Chairman dan CEO Fujifilm Shigetaka Komori mengklaim bahwa dengan bobot hanya 920 gram, GFX 50S memiliki bodi yang lebih ringan dibandingkan kamera full frame.

"Meski demikian, ukuran piksel di sensornya lebih besar 1,7 kali dari kamera full frame sehingga mampu menghasilkan kualitas gambar lebih tinggi dengan tekstur yang detil dan gradasi yang halus," ujar Komori.

Selain untuk pemotretan di studio, GFX 50S disebut cocok pula untuk kebutuhan fotografi outdoor seperi landscape karena dibekali kemampuan tahan air dan debu (weather resistant), juga freezeproof hingga suhu -10 derajat Celsius.

GFX 50S turut didampingi tiga buah lensa pelengkap, yakni lensa zoom GF 32-64 mm, lensa standar GF 63 mm, dan lensa GF120 mm. Masing-masing dihargai 2.299 dollar AS (Rp 30 juta), 1.499 dollar AS (Rp 20 juta), dan 2.699 dollar AS (Rp 36 juta).

Fujifilm GFX 50S dijadwalkan hadir serentak di seluruh dunia pada akhir Februari mendatang.

Baca: Mirrorless Sensor Besar Fujifilm GFX 50S Bersiap Masuk Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.