Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 7 dan 7 Plus Dijual Resmi di Indonesia Maret?

Kompas.com - 19/01/2017, 16:28 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan Apple sebentar lagi akan mulai menjual iPhone 7 dan 7 Plus di Indonesia.

"Ada yang tanya ke saya, Galaxy S8 kapan masuk ke Indonesia. Saya jawab, yang akan masuk lebih dulu itu iPhone 7," ujarnya saat ditemui di sela Seminar Awal Tahun Indonesia Technology Forum Jakarta, Kamis (19/1/2016).

Dia menjelaskan, Apple memang boleh menjual iPhone karena telah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Pemenuhannya dilalukan melalui komitmen investasi pembangunan pusat riset dan pengembangan di Indonesia.

"Apple sudah boleh jual iPhone. Mereka sudah menentukan lokasi pusat risetnya di Indonesia," imbuhnya pria yang akrab disapa Chief RA itu. (Baca: Pusat Riset Apple di Indonesia Dibangun di Banten)

iPhone 7 dan 7 Plus sendiri sudah mendapatkan sertifikasi dari Dirjen SDPPI Kominfo pada akhir 2016 lalu. Namun saat itu, Apple masih terkendala pemenuhan TKDN yang disyaratkan pemerintah.

Bila benar bahwa iPhone 7 dan 7 Plus akan dijual sebelum perilisan Samsung Galaxy S8 di Indonesia, maka kemungkinannya ada di antara bulan Maret dan Februari 2017.

Prediksi tersebut berdasarkan informasi perilisan Galaxy S8 di Indonesia, yang diungkap oleh internal Samsung sendiri.

Menurut Vice President Samsung Indonesia, Lee Kang Hyun, Galaxy S8 kemungkinan dirilis di Indonesia sekitar April mendatang.

"Sekitar April akan keluar Galaxy S8 di Indonesia, kan memang buatnya memang di sini," ujar Lee yang ditemui di acara serupa.

Baca: Galaxy S8 Meluncur di Indonesia April, Harganya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com