Kompas.com - 21/01/2017, 16:13 WIB
Tampilan pesan broadcast berisi ajakan untuk bergabung ke BBM Channel palsu screenshotTampilan pesan broadcast berisi ajakan untuk bergabung ke BBM Channel palsu
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pengguna BlackBerry Messenger (BBM) di Indonesia sedang diserbu pesan broadcast yang berisi ajakan untuk bergabung dengan BBM Channel. Apabila mau bergabung, pengguna diiming-imingi berbagai keuntungan sangat menarik.

Pantauan KompasTekno, Sabtu (21/1/2017), pesan broadcast tersebut mengatakan bahwa dengan klik tombol "GABUNG, maka pengguna akan mendapatkan kesempatan untuk selalu mendapatkan update. Menariknya, pengguna BBM yang bergabung nantinya bisa mengakses atau menggunakan BBM tanpa harus mengurangi kuota internet.

Lantas, jika mendapatkan undangan tersebut, sebaiknya apa yang dilakukan? Jika menemukan ajakan seperti ini, sebaiknya segera tolak saja. Pasalnya, pesan itu ternyata merupakan sebuah ajakan palsu.

Baca: Terkenal Aman, BBM Ternyata Bisa Disadap Polisi

Hal tersebut diungkap langsung oleh pihak BBM melalui akun resminya di Twitter. Di tweet tersebut, BBM telah memberikan peringatan untuk menolak ajakan bergabung ke BBM Channel palsu itu.

Bagi para pengguna BBM, harap tidak bergabung atau menyebarkan akun channel palsu C0035E285, seperti pada gambar di bawah ini. Terima kasih,” tulis peringatan di akun tersebut.

Pesan broadcast itu sendiri sebenarnya cukup aneh. Dalam pesan, pengguna diminta untuk update BBM dengan cara yang tidak biasa. Setelah ditelusuri, cara yang dituliskan dalam pesan itu sebenarnya adalah untuk mengajak seluruh kontak dalam dafar Anda bergabung ke dalam BBM Channel palsu.

Untuk diketahui, cara untuk memperbarui aplikasi adalah melalui toko aplikasi masing-masing platform.

Apa motifnya?

Saat ini belum diketahui tujuan orang yang menyebarkan brodcast tersebut, atau siapa yang pertama kali melakukannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.