Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ponsel Legendaris Sebelum Era "Smartphone"

Kompas.com - 21/01/2017, 18:15 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Sepuluh tahun lalu, teknologi ponsel memang belum secanggih sekarang. Namun, tetap saja ada beberapa produk yang menjadi sangat populer di kalangan konsumen lantaran memiliki kelebihan tersendiri.

Ada yang mengusung fitur unik, ada pula yang memiliki bentuk yang menarik. Yang pasti, rancangan ponsel jadul bisa dibilang lebih variatif dibandingkan smartphone modern yang rata-rata mengusung desain itu-itu saja dengan komponen dominan berupa layar sentuh.

Sebagai contoh, ada perangkat buatan Motorola, Moto RAZR V3. Perangkat ini tidak dibekali fitur yang terlalu wah, tetapi memiliki desain yang luar biasa. Alhasil, ia meraih popularitas di pasaran dunia.

Nah, berikut ini ada enam ponsel legendaris yang sempat populer di sekitar tahun 2005, sekitar 10 tahun lalu, seperti dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (21/1/2017).

Baca: 2017, Smartphone Nokia Dipastikan Comeback

1. Motorola Moto RAZR V3

PhoneArena Motorola Moto RAZR V3

Produk yang satu ini boleh jadi merupakan salah satu perangkat yang paling legendaris dari Motorola. Moto RAZR V3 laku di pasar ponsel di tahun 2005 lalu, termasuk di Indonesia.

Spesifikasi RAZR V3 sebenarnya termasuk biasa saja untuk ukuran saat itu. Ia memiliki layar berukuran 2,2 inci dengan resolusi 176 x 220 piksel. Memori internalnya hanya berkapasitas 5,5 MB. Kamera berkualitas VGA melengkapi deretan fiturnya.

Lantas, apa kelebihan RAZR V3? Desain fisik lah yang menarik konsumen pada perangkat ini. Dengan bentuk clamshell, ia memang tampak gagah dengan material seperti baja.

2. Sony Ericsson K750

PhoneArena Sony Ericsson K750

Sony Ericsson K750 merupakan ponsel dengan kamera terhebat di zamannya. Di kala ponsel masih menggunakan kamera dengan kualitas VGA, Sony Ericsson K750 sudah dilengkapi kamera 2 megapiksel.

Untuk ukuran saat sekarang, kamera 2 megapiksel memang terlihat kurang mumpuni. Akan tetapi, pada saat itu, ia sudah dianggap sangat baik untuk mengambil gambar.

Keunikan lainnya, kamera di perangkat ini dilindungi semacam cover yang bisa dibuka dan ditutup dengan cara menggeser semacam "pintu". Perangkat tersebut pun sudah dilengkapi lampu kilat.

3. Nokia N70

PhoneArena Nokia N70

Salah satu ponsel populer dari Nokia, perangkat ini merupakan ponsel dengan bentang layar terbesar di zamannya, yaitu sebesar 2,1 inci.

Prosesor yang tertanam di N70 termasuk paling canggih di masanya, yaitu TI OMAP 1710 220 MHz. Sebagai sistem operasi, ia menggunakan Series 60.

Salah satu keunikan perangkat ini adalah adanya kamera di bagian depan. Kala itu, saat teknologi 3G baru diperkenalkan, kamera tersebut sudah bisa digunakan untuk melakukan panggilan video.

Baca: Jangan Kaget, iPhone dan Android Lawas Tak Bisa Pakai WhatsApp Lagi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com