Daftar Kamera dan Lensa Baru Fujifilm di Fujikina 2017

Kompas.com - 23/01/2017, 06:59 WIB
Fujifilm X-T20 Oik Yusuf/Kompas.comFujifilm X-T20
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KYOTO, KOMPAS.com - Sesuai prediksi sebelumnya, Fujifilm meluncurkan serangkaian produk baru dalam ajang Fujikina 2017 yang berlangsung di Kyoto, Jepang, pekan ini.

Bintang utamanya adalah kamera mirrorless medium format GFX 50S yang digadang-gadang akan jadi alternatif baru untuk para fotografer profesional.

Selain itu, ada juga beberapa produk lain yang tak kalah menarik. Lini kamera mirrorless Fujifilm ikut diperbarui dengan hadirnya produk kelas menengah X-T20 dan varian warna baru untuk kamera mirrorless flagship X-Pro2 dan X-T2.

Fujifilm turut melengkapi deretan lensa kamera prime terjangkau melalui perkenalan Fujinon XF 50mm F2 R WR, serta memermak generasi keempat dari seri kamera saku premium X100 dengan menanamkan aneka fitur anyar.

Selengkapnya, simak produk-produk baru tersebut dalam daftar yang dirangkum oleh KompasTekno berikut ini.

GFX 50S

Oik Yusuf/Kompas.com Kamera mirrorless medium format Fujifilm GFX 50S

Kamera mirrorless medium format GFX 50S dari Fujifilm banyak mencuri perhatian kala pertama kali muncul ke muka publik dalam ajang Photokina 2016 di Jerman, September lalu. Betapa tidak, alih-alih membuat kamera dengan sensor full-frame, Fujifilm justru "melompat" dengan ukuran sensor yang lebih besar.

Baca: Resmi, Mirrorless Sensor Besar Fujifilm GFX 50S Dijual Rp 87 Juta

Banderol resmi utnuk kamera bersensor besar tersebut kini telah resmi diumumkan, yakni 6.499 dollar AS atau sekitar Rp 86,9 juta (body only). Ketiga lensa G-mount pendamping GFX 50S, yaitu lensa zoom GF 32-64mm, lensa standar GF 63mm, dan lensa GF120mm. Masing-masing dihargai 2.299 dollar AS, 1.499 dollar AS, dan 2.699 dollar AS.

Fujifilm berencana turut merilis adapter bellows sehingga GFX 50S bisa digunakan sebagai digital back untuk kamera large format, juga adapter untuk lensa kamera medium format jenis lain seperti Hasselblad sehingga pilihan penggunanya semakin diperluas.

X-T20

Salah satu produk paling menarik yang muncul di arena Fujikina 2017 adalah kamera mirrorless X-T20. Duduk di kelas menengah, X-T20 memiliki harga yang lebih murah dibanding kedua mirrorless flagship Fujifilm (X-T2 dan X-Pro2), yakni 899 dollar AS (sekitar Rp 12,1 juta).

Baca: Fujifilm X-T20 Meluncur, Pakai Prosesor dan Sensor Baru

Meski kelasnya lebih rendah, X-T20 mengusung "jeroan" serupa X-T2 dan X-Pro2, yakni sensor gambar X-Trans III 24 megapiksel yang dipadu prosesor gambar X Processor Pro. Imbasnya, kinerja -termasuk tracking AF- X-T20 menjadi lebih gesit. Kini ia juga memiliki simulasi film black and white Acros.

Yang tak kalah penting, X-T20 dibekali layar sentuh yang bisa digunakan untuk memilih titik AF, juga zooming dan navigasi hasil tangkapan gambar di mode playback.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.